Pejabat Eselon II Pemerintah Kota Ternate Mulai Dag-dig-dug

Reporter: Dirman Umanailo

TERNATE,AM.com – Pejabat Eselon II atau Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara mulai “Dag-dig-dug”

Dimana Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) bakal melakukan pengumuman sekaligus menjadwalkan lelang jabatan pada 29 November 2021 mendatang.

“Target kita Minggu depan sudah pengumuman dan menjadwalkan lelang jabatan,” kata Kepala BKPSDMD Kota Ternate, Samin Marsaoly pada Selasa (23/11/2021).

Selain itu, Samin mengatakan, jabatan Pelaksana Tugas (Plt) bagi Pemerintahan M. Tauhid Soleman dan Jasri Usman tidak boleh melebihi 6 Bulan. Karena harus memacu pada daya produktifitas organisasi.

“Supaya pelaksanaan APBD Tahun 2022 mendatang, tidak lagi OPD yang masih dijabat oleh Plt,” kata Samin.

Sebab, menurut Samin, status Plt akan menggangu pengambilan kebijakan yang bersifat strategis dan urgen, karena tidak bisa diambil oleh Plt.

Samin menuturkan, sistem lelang yang dipakai adalah lelang terbuka (open biding). Sedangkan syarat-nya, lanjut dia, masih dirumuskan. Namun, terebih dahulu dikonsultasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Meskupun begitu, dia mengaku, pekan depan jadwal pelaksanaan lelang sudah akan diumumkan secara terbuka melalui media.

Samin juga menargetkan, sebelum akhir Desember 2021, semua OPD yang dijabat oleh Plt sudah harus diisi pejabat definitif.

Samin menyebutkan, peserta seleksi terbuka nantinya akan menjalani tahapan-tahapan tes yang meliputi Seleksi Administrasi, Tes Kompetensi Bidang, Tes Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural, Tes Kesehatan serta tahapan Tes Wawancara.

Sekadar diketahui, bahwa informasi yang dihimpun media ini, terdapat 7 (Tujuh) jabatan setara eselon II akan dilelang.

Yakni jabatan kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP), Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan (Disdik), Sekretaris DPRD, Dinas Kebudayaan, serta Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD). Sebagaimana diketahui, 7 OPD tersebut saat ini dijabat oleh Pelaksana Tugas.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA