spot_imgspot_img

HJT Diganti HAJAT, Gairahkan Hari Jadi Ternate

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Pemerintah Kota Ternate dengan resmi mengganti akronim HJT atau Hari Jadi Ternate dengan HAJAT. Sekaligus Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menetapkan Ketua Panitia dan Sekretaris Panitia HAJAT pada 29 Desember 2021 mendatang.

Tauhid Soleman menunjuk Kepala Bappelitbangda Rizal Marsaoly menjadi Ketua Panitia dan Kepala Bidang Protokoler dan Komunikasi, Agus Fian Jambak sebagai Sekretaris Panitia. Penetapan ini berlangsung di Kantor Wali Kota Ternate pada Kamis (18/11/2021).

Rizal menjelaskan, istilah HJT ke HAJAT merupakan satu kearifan lokal masyarakat Kota Ternate. Dimana masyarakat Ternate mengatakan nama itu, saat hendak ke hajatan.

“Nama ini dibuat sesuai dengam orang Ternate jaga bilang ngoni pigi mana, torang pigi hajat disini,”ujar Rizal menggunakan dialek Ternate.

Kata Rizal, istilah HAJAT lebih filosofi dibandingkan HJT. Karena ini merupakan awal dari semangat Wali Kota untuk memunculkan kearifan lokal Kota Ternate.

Rizal mengatakan, HAJAT Tahun ini juga dibuat berbeda dengan Tahun sebelumnya, dimana Wali Kota berkeinginan harus ada akselerasi dengan melibatkan masyarakat secara full. 

“Kalau HUT Pemerintah Kota pada bulan April itu, murni pemerintah kota, tapi HAJAT ini lebih dominan masyarakat,”ujar Rizal.

“Maka butuh ada konten-konten atau kegiatan-kegiatan yang didalamnya ada keterlibatan masyarakat,”ucapnya.

Rizal bilang, panitia juga diminta untuk melibatkan warga dari Kecamatan Moti, Hiri, dan Batang Dua. Apalagi,  pada 11 Desember 2021 Dinas Pariwisata akan melaunching City Branding, Ternate sebagai Kota rempah.

“Jadi HAJAT ini kita giring pada penguatan Kota Rempah. Semisalnya, ada karya tulis ilmiah untuk Siswa SMA, Perguruan Tinggi, dan Umum. Dengan tema: Kota Rempah.”

“Pak Wali berharap, Kantor, Bank, Sekolah, Hotel, dan Restoran, ada pojok rempah dan disitu ada semacam kemenyan dari bahan dasar Pala dan Cengkih, kalau itu dibakar mengeluarkan aroma rempah,” tuturnya.

Dia berharap, generasi kedepan harus tahu bahwa rempah yang membesarkan masyarakat Kota Ternate. Karena promosi daerah dengan identitas Ternate. 

“Yang pastinya City Branding Ternate ini bisa memberi nilai ekonomis juga, bagi aktivitas ekonomi yang membutukan City Branding,”pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL