Program Warung Mama dan Om Ojek “Andalan” di Tahun 2022, Ini Penjelasan Rizal

Reporter : Dirman Umanailo

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly Ditemui Usai Rapat Paripurna penyampaian RAPBD Tahun Anggaran 2022 di Kantor DPRD

TERNATE, AM.com – Program ANDALAN Pemerintah Kota Ternate Tahun 2022 begitu seksi. Selain dari meningkatkan Pendapatan Asli Darrah (PAD) dan peduli BAHIM (Batang Dua, Hiri, dan Moti). Pemerintah juga menambahkan dua program, yakni Warung Mama dan Om Ojek Andalan yang dirindu-rindukan masyarakat Kota Ternate.

Kepala Bappelitbangda, Rizal Marsaoly mengatakan, program ANDALAN Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman dan Jasri Usman salah satunya adalah Warung Mama. Anggaran ini, lanjut Rizal, akan dialokasikan di Disperindag dan Dinas Koperasi dan UKM.

“Warung Mama yang kita data sekitar 2.000 an, program ini juga masuk di Kecamatan, Moti, Hiri, dan Batang Dua, karena salah satu pemulihan ekonomi itu adalah program ini,” kata Rizal usai Rapat Paripurna penyampaian RAPBD Tahun Anggaran 2022 di Kantor DPRD Kota Ternate, Rabu (10/11/2021).

Rizal menjelaskan, dalam satu Tahun Pemerintah akan memberikan barang bukan uang kepada sejumlah Warung Mama. Namun, sebelum diberikan bantuan harus dilakukan rincian barang yang dibutuhkan Warung Mama.

“Nanti kita buat list bantuan untuk satu Warung Mama. Semisalnya, bantuan itu seperti Indomie, Telur, dan Aqua atau kebutuan sembilan bahan pokok lain. Kemudian mereka buat list baru kita bekerjasama dengan supplier – supplier besar, karena program ini berjalan pada Bulan Januari 2022,” tuturnya.

Selain itu, Rizal menyampaikan, Program Warung Mama dan Om Ojek Andalan akan berjalan bersama di Tahun 2022. Rizal bilang, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Om Halik selaku Ketua Pangkalan Ojek. Bappelitbangda juga meminta segera perbaiki data diseluruh pangkalan di Kota Ternate. 

“Kami akan memberikan fasilitas terbaik buat mereka seperti Jaket dan Helm. Kemudian kita atur diseluruh pangkalan mereka masing – masing, dan kami meminta Lurah di Ternate harus mengetahui program ini, karena keberadaan mereka itu legal,” ucapnya.

“Kalau ada Ojek Online, kita punya Ofline juga ada. Meskipun mereka Ofline tetapi perform mereka harus kita jaga, agar tidak berbeda kelas dengan Online. Kalau seragam (jaket) Ojek Online-nya hijau dan hitam, kita punya oranye dan hitam,” ujarnya.

Sedangkan untuk patokan harga ojek kepada penumpang, lanjut dia, pemerintah tidak mecampuri hal tersebut, tetapi harus disesuaikan dengan mekanisme pasar. 

“Karena pada intinya, Pemerintah hanya memfasilitasi. Setidaknya keberadaan mereka itu, ada suasana yang berbeda. Kita juga akan membenahi pangkalan – pangkalan mereka di Tahun 2022,” terangnya.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA