Rizal Sebut Program Kampung Iklim Masuk RPJMD 2021 – 2026

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate, Rizal Marsaoly menyampaikan komitmen Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman terkait dengan Program Kampung Iklim (Proklim) telah masuk dalam RPJMD 2021 – 2026.

Rizal mengatakan, penghargaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim diberikan kepada Wali Kota merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk mewujudkan perubahan iklim.

“Ada 8 (delapan) komitmen Wali Kota, bagaimana melihat Ternate 5 sampai 10 tahun kedepan, itu ditandatangani di acara Climate Resilience and Inclusive Cities (CRIC) di Jakarta,” tutur Rizal.

“Maka OPD terkait yang berhubungan langsung dengan perubahan iklim sudah tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah,” ujarnya.

Rizal menuturkan, Kelurahan Moya, Kecamatan Ternate Tengah itu hanya pilot project. Pemkot berharap, program ini bukan saja di Kelurahan Moya tetapi bisa tersebar disetiap Kelurahan.

“Kelurahan yang pro iklim itu sebagai salah satu pilot project agar bisa mengawali iklim disetiap kelurahan, menjaga lingkungan, kelestarian alam, membangun dengan mempertahankan ekosistem,” tuturnya.

Selain itu, kata Rizal, terkait dengan program penghijauan tetap berjalan, baik itu dilakukan di pesisir pantai (Mangrove) maupun dataran tinggi, dan Bappelitbangda memproteksi sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah atau RTRW.

“Sehingga batasan – batasan orang membangun di daerah ketinggian dibatasi berdasarkan RTRW instrumennya itu IMB. Kalau dia bermohon tetapi wilayahnya sudah diambang batas berarti Dinas PUPR tidak bisa menerbitkan izin,” terangnya.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA