spot_imgspot_img

Pengamat Kecam Perselisihan BPD & Kepala Desa Marak Terjadi di Kabupaten Pulau Taliabu

Reporter: Slamet

BOBONG,AM.com – Kasus perselisihan antara Badan Perwakilan Desa ( BPD) dan Kepala Desa di Kabupaten Pulau Taliabu akhir akhir ini kian marak terjadi pada beberapa desa di 8 Kecamatan di Kabupaten Pulau Taliabu.

Sinergitas adalah merupakan kerjasama unsur atau bagian atau fungsi atau instansi atau lembaga yang menghasilkan suatu tujuan yang lebih baik dan lebih besar dari pada dikerjakan sendiri. Banyak yang dihasilkan dari bersinergi diantaranya adalah terciptanya saling menghargai dan pelaksanaan tugas atau kewajiban menjadi lebih maksimal dan efisien.

Sinergitas sangat penting dan berperan dalam segala aspek kehidupan untuk mencapai kehidupan masyarakat yang sejahtera, pembangunan yang merata, kemajuan suatu bangsa, lembaga, instansi, fungsi, dan kelompok maupun dalam kehidupan keluarga.

Sehingga, sinergitas antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Kepala Desa menjadi kunci dalam memajukan kesejahteraan Desa. Karenanya keharmonisan hubungan antar keduanya harus senantiasa dijaga untuk bisa mewujudkan kemajuan desa.

Aktivis Hukum sekaligus Pengamat Kebijakan Publik Pulau Taliabu, Edy Hasim mengemukakan Dalam kasus perselisihan BPD dan Kepala Desa akhir-akhir ini di Kabupaten Pulau Taliabu tidak ada tanda-tanda kearah yang lebih baik dan malah semakin parah konfiknya.

“Saya heran sampai saat ini para anggota BPD dan Kepala Desa saat merawat masalah ini berkepanjang tanpa apa solusi yang mereka dapatkan padahal mereka di pilih oleh masyarakat untuk menciptakan perubahan di desa bukan merawat konflik yang menghambat kemajuan desa,” ungkap Edy saat di wawancarai dikediamannya, Selasa (2/11/2021).

Namun, hal ini cukup ironis kata Edy, karena beberapa Kepala Desa menahan tunjangan BPD dengan alasan tidak aktif dan jarang masuk kantor, ini sudah terjadi di Desa Air Kalima (tunami), Desa Nunca dan sekarang di Desa Bapenu serta kejadian ini terjadi secara berbulan-bulan.

Dalam kasus perselisihan antara BPD dan Kepala Desa di 8 Kecamatan Pulau Taliabu seharusnya sudah menjadi perhatian Pemerintah Daerah dan DPRD untuk meluruskan tugas dan fungsi dari masing-masing sebab struktur BPD bukan musuh kepala desa atau bahkan musuh pemerintah daerah ini adalah struktur pemerintahan yang sah, dan jangan sampai perselisihan menimbulkan gesekan di tengah-tengah masyarakat. Lanjut Pengamat Kebijakan Publik Pulau Taliabu

Untuk itu, Edy menyarakan Bupati melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) , Bagian Pemerintahan serta Komisi 1 Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Pulauj Taliabu untuk meluruskan hal ini sehingga tidak berkepanjangan sebab perselisihan antara BPD dan Kades yang terjadi secara berulang Ulang ini merupakan salah satu kegagalan eksekutif dan legislatif kabupaten pulau Taliabu dalam menjalankan fungsi dan pelayan terhadap masyarakat.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL