spot_imgspot_img

Kerjasama Pemerintah Kota Ternate dan Investor untuk Optimalkan PAD serta Kelola Persiter

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman bersama Kepala Bappelitbangda, Rizal Marsaoly dan Investor di bidang integrasi sistem elektronik membahas optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), pelayanan air bersih, pengelolaan Gelanggang Olahraga (Gelora) Kie Raha hingga pengelolaan Persatuan Sepak Bola Indonesia Ternate (Persiter).

Rizal mengatakan, pembahasan dengan investor tujuannya untuk bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate. Lanjut Rizal, ada tiga poin yang difokuskan, pertama mengoptimalkan PAD Tahun 2022 melalui sistem elektronik yang terintegrasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Dengan begitu, tidak lagi terjadi kebocoran pajak maupun retribusi seperti pajak rumah makan, Hotel, Pasar, dan parkiran, karena selama ini kita tidak tahu pendapatan yang sesungguhnya,” kata Rizal kepada Wartawan usai rapat dengan Investor di Kantor Wali Kota Ternate, Kamis (14/10/2021).

Untuk poin kedua terkait persoalan pelayanan air bersih, kata Rizal, investor tersebut langsung turun ke lokasi untuk melakukan assessment ke Perusaan Umum Daerah (Perumda) Ake Gaale. Tujuannya, bisa dikelola lebih profesional, karena ini beriringan dengan fit and proper test yang sementara dilaksanakan di Perumda Ake Gaale.

“Sehingga kedepan, Perumda Ake Gaale yang mereka tawarkan akan dilakukan investasi, dan dikelola secara profesional, jadi mereka tidak menjual sistem saja, tetapi mereka juga menjual Sumber Daya Manusia dalam artian mereka melakukan pendampingan dalam proses perbaikan masalah air bersih,” tutur Rizal.

Rizal menuturkan, kerjasama tersebut merupakan langkah untuk mengawal APBD Tahun 2022, sehingga program OPD yang ingin terintegrasi bisa didorong dalam KUA – PPAS.

“Supaya jangan terlalu penyertaan modal terus di Perumda Ake Gaale, tetapi tidak ada semangat mengelola ini secara profisional, maka kami akan catat.”

“Dalam sistem itu bisa diketahui pipa bocor dimana. Memang dulu sifatnya masih manual. Sekarang, kalau ada laporan dari masyarakat langsung terhubung dengan sistem,” terangnya.

Sedangkan poin ke tiga terkait dengan kerjasama mengelola Klub Persiter, Rizal bilang, dalam waktu dekat Gelora Kieraha akan dihitung kerusakannya untuk dilakukan perbaikan.

“Dari pola pengelolaan yang disampaikan tadi kami melihat itulah pola pengelolaan sepak bola modern saat ini, jadi mereka mengelola tapi kita dilibatkan di dalamnya. Termasuk mereka siap bangun baru,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL