Sejumlah Penumpang KM Simba Berhasil Dievakuasi, ini Informasinya!

Reporter: Amrin Teapon

SANANA,AM.com – Penumpang Kapal Motor (KM) Simba 01 yang mengalami musibah patah kemudi di Perairan Mangoli, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) pada Rabu, (8/9/2021), akhirnya sebagian sudah berhasil dievakuasi oleh petugas di pelabuhan Sanana menggunakan KM Barcelona.

Hal itu dibenarkan oleh Pelaksanaan Tugas (Plt). Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Sanana, Moh. Faisal.

Kata Faisal, Petugas evakuasi bertolak dari pelabuhan Sanana menuju tempat evakuasi tepat pada jam 9 pagi, kemudian tiba pada pukul 14:30. Hanya saja, proses evakuasi belum dapat dilakukan akibat angin kencang dan tingginya gelombang.

Hingga pukul 16:30, baru bisa melakukan proses evakuasi, dan pukul 19:30 evakuasi dihentikan sementara mengingat kondisi mulai gelap.

“Penumpang yang masih ada di KM. Simba berjumlah 100 orang. Diantaranya 77 laki-laki, 23 perempuan. Sedangkan yang telah dievakuasi oleh KM Barcelona, berjumlah 180 orang. Tapi kita tidak rincikan dewasa berapa, anak berapa, yang penting mereka dievakuasi dengan selamat,” ungkap Faisal saat diwawancarai awak media. Kamis, (9/9/2021).

Meskipun sebagian penumpang belum berhasil dievakuasi, namun Faisal memastikan, semua penumpang akan dievakuasi di pelabuhan Sanana dengan selamat.

“Terutama pihak keluarga, tolong doakan. Yang jelas, saya yakin dan percaya, semua selamat,” pintanya.

Sekadar informasi, penumpang yang terdaftar di data manifes berjumlah 233 orang. Jadi, selisih dengan data penumpang yang berhasil dievakuasi dan belum berhasil dievakuasi sebanyak 47 orang. Menurut analisis KUPP Sanana, 47 orang yang dimaksud adalah bayi dan anak-anak yang tidak terdaftar dalam data manifes. Sedangkan jumlah ABK secara keseluruhan, yaitu 13 orang. (∆)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA