spot_imgspot_img

KOSN SLB Malut 2021 Berjalan Sukses

Reporter: Ong Rasai

SOFIFI,AM.com – Pelaksanaan kegiatan  Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) peserta didik berkebutuhan Khusus SDLB, SMPLB & SMALB tingkat Provinsi Maluku Utara berjalan sukses, yang berlangsung di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara, Selasa (31/8/2021).

Kegiatan dengan tema “Bertalenta, Sportif dan Tangguh” ini dilaksanakan oleh Bidang Pendidikan Masyarakat Pendidikan Khusus (PMPK) Dikbud Malut bersama Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB), dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dikbud Malut.

“Kegiatan ini untuk peningkatan mutu pendidikan khusus sekaligus meningkatkan sumber daya manusia di bidang olahraga, pusat prestasi nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ungkap Kepala Bidang PMPK, Rizka Amin.

Kabid PMPK Dikbud Malut, Rizka Amin / foto milik Asep Dikbud
Kabid PMPK Dikbud Malut, Rizka Amin / Foto milik Asep Dikbud

Menurutnya, penyelenggaraan KOSN bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK)  tahun 2001 dengan pelaksanaan diatur secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah kabupaten kota sampai pada tingkat nasional.

“Hal ini untuk mengembangkan bakat dan prestasi olahraga bagi peserta didik berkebutuhan khusus,” ujarnya.

Rizka bilang, dalam kegiatan tersebut juga turut berpartisipasi dari DWP Dikbud Malut yang menyalurkan bantuan kepada peserta dan pendamping.

“Dharma wanita persatuan Dikbud memberikan hadiah kepada para Kepsek berprestasi dan sumbangan masker dan saniteizer kepada seluruh SLB di Provinsi Maluku Utara,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan KOSN SLB Pemprov Malut, Ghafar Nurdin menyebutkan kegiatan ini diikuti oleh masing-masing jenjang pendidikan dari SD LB, SMP LB Hino SMA LB yang berasal dari berbagai kabupaten kota di Maluku Utara.

“Jumlah peserta sebanyak 51 peserta dan  51 pendamping jumlah seluruhnya sebanyak 102 orang peserta,” katanya.

Ketua Panitia, Ghafar Nurdin
Ketua Panitia, Ghafar Nurdin

Sementara untuk cabang olahraga yang dipertandingkan, Ghafar menyebutkan ada 9 cabang dan jenis yang dilombakan, yakni Satu; lempar bola putra tuna netra yingkat SDLB. Dua; Tolak peluru putri tuna rungu tingkat SDLB. Tiga; Bocce Putri Dowm Syndrom Tingkat SDLB. Empat; Bocce Putri Tuna Netra Tingkat SMPLB/SMALB.

Lima; Tenis Meja Putra Tuna Rungu Tingkat SMPLB/SMALB. Enam; Bulu Tangkis Putra Tuna Grahita/Autis Tingkat SMPLB/SMALB. Tujuh; Lompat Jauh Tanpa Awalan Putri Tuna Grahita Tingkat SMPLB/SMALB. Delapan; Bola Basket Kursi Roda Putra Tuna Daksa Tingkat SMPLB/SMALB. Sembilan; Balap Kursi Roda Putri Tuna Daksa Tingkat SMPLB/SMALB.

“Yang berhasil di tingkat Provinsi akan mengikuti kegiatan yang sama di tingkat nasional yang direncanakan dilaksanakan pada akhir September,” ungkap Kepala Sekolah SLB negeri Subaim ini.

Perlu diketahui, kegiatan ini dibuka oleh Staf ahli Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik Setda Provinsi Malut, Albuhari Hamza dan dihadiri oleh pejabat eselon III di Dikbud Malut. (∆)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL