spot_imgspot_img

Festival Tanjung Waka, Eko Supriyanto: Akan Memiliki Keunikan Tersendiri

Reporter: Amrin Taepon

SANANA,AM.com Panitia pelaksana (Panpel) festival Tanjung Waka Kecamatan Sulabesi Timur, bakal menampilkan seluruh seni beserta budaya produk lokal, khususnya daerah Kepulauan Sula (Kepsul).

Kepala Dinas Pariwisata Kepsul, Rizal Drakel yang juga sebagai sekretaris Panpel menyatakan, kegiatan festival Tanjung Waka adalah ajang Nasional yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang, sehingga ini adalah kesempatan emas untuk masyarakat Kepulauan Sula.

“Kegiatan festival Tanjung Waka tahun 2021 akan menjadi prioritas pemerintah daerah untuk meningkatkan adat dan budaya serta mempromosikan semua produk lokal di Kepsul,” jelasnya. Selasa, (31/08/2021).

Selain itu, Kreator di Bidang Seni Pertunjukan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Eko Supriyanto pun menambahkan, kelebihan dan keunggulan lokasi Festival Tanjung Waka di pelosok Timur Indonesia tidak kalah saing dengan daerah-daerah lainnya.

Menurutnya, Pantai Tanjung Waka memiliki keunggulan pertama adalah pasir putih terpanjang sepanjang mata memandang. Juga adat dan budaya, bahkan hasil kuliner yang begitu banyak di miliki daerah Kepsul.

“Insya Allah Festival tanjung waka akan menjadi suatu keunikan tersendiri dan sangat berbeda dengan kegiatan festival di daerah-daerah lainnya,” katanya.

Lelaki kelahiran Ibu Kota Solo ini juga menyampaikan bahwa, dari semua kegiatan festival tingkat Nasional, satu-satunya kegiatan dengan desain panggung terpanjang di Indonesia pertama kali akan berlokasi di Pantai Waka, Desa Fatkauyon, Kecamatan Sulabesi Timur, Kabupaten Kepulauan Sula.

Eko bilang, Indonesia dalam ancaman wabah Covid-19 yang begitu dahsyat, namun tidak mengurangi semangat untuk mensukseskan kegiatan festival tanjung waka.

“Insya Allah kegiatan tersebut akan menjadi satu-satunya kebanggaan bagi pemerintah daerah serta masyarakat di Kepsul,” tutup Eko. (Am)

 

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL