spot_imgspot_img

Peduli Kemanusiaan, Wartawan Sula Galang Dana Penderita Gizi Buruk

Reporter: Amrin Teapon

SANANA,AM.com- Wartawan di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul)  melakukan aksi penggalangan dana peduli kemanusiaan, terhadap salah satu pasien penderita gizi buruk dan penyakit bawaan lainnya yang dialami oleh Surahman Soamole (3) tahun di Desa Waiman, Kecamatan Sulabesi Tengah.

Diketahui, Surahman saat ini telah dirawat di Rumah Sakit (RS) Chasan Boesoirie Kota Ternate, hanya saja pihak keluarga masih mempunyai kekurangan dalam biaya pengobatan, sehingga wartawan Sula tergerak untuk menggalang dana guna pengobatan Surahman.

Salah satu wartawan, Sahril Soamole dalam orasinya menyampaikan, apa yang dialami oleh korban penderita gizi buruk saat ini adalah bagian daripada tanggung jawab bersama.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk saling membantu antara satu dengan yang lain, lagipula Surahman menderita gizi buruk sejak tahun 2019 hingga kini,” jelasnya.

Sahril bilang, tentunya dalam kondisi ini, pihak korban dan keluarga sangat membutuhkan uluran tangan dari seluruh pihak.

“Partisipasi yang telah diberikan merupakan harapan dari kami dan pihak keluarga, sebab tanpa partisipasi Adik kita tak bisa melanjutkan operasi kedua,” ungkapnya.

Selain Sahril, Imelda Tude sebagai koordinator aksi peduli kemanusiaan juga mengatakan, aksi penggalangan dana ini telah mengumpulkan pundi-pundi uang untuk meringankan beban keluarga.

“Alhamdulillah dari penggalangan dana yang dilakukan oleh teman-teman wartawan tadi pagi hingga sore ini dana yang baru terkumpul Rp. 9.000.000,” ungkapnya.

Imelda juga berharap, hal ini harus menjadi perhatian serius bagi seluruh statekholder di Kepulauan Sula.

“Menjadi pelajaran dan perhatian untuk torang semua terutama pemerintah desa di Kepulauan Sula. Kan, ada dana stanting 8 persen dari dana desa jadi setiap tahun kalau boleh pemdes wajib mencantumkan ke APBdes,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kepsul, Suryati Abdullah saat dikonfirmasi menyampaikan, pasien atas nama Surahman Soamole ditemukan pada 19 Agustus 2021 malam, kemudian pihaknya menjemput pasien tersebut pada 20 Agustus.

Tak hanya itu, Suryati bilang, Surahman mempunyai BPJS. Hanya saja baru bisa diaktifkan 1 September mendatang dan saat ini Pemda Sula lewat dinas kesehatan sudah menanggulanginya.

“Bahkan ibu Bupati, perintahkan segara kami mengambil langkah cepat ketika kami melapor,” ungkapnya. (∆)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL