spot_imgspot_img

Talud Penahan Ombak di Morotai Siap Dibangun

Reporter: Maulud Rasai
MOROTAI,AM.com – Warga di dua Kecamatan yakni Kecamatan Morotai Selatan (Morsel) dan Kecamatan Morotai Utara (Morut) yang jadi langganan terkena dampak abrasi kini bisa sedikit merasa lega.
Sebab, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pulau Morotai di tahun ini bakal membangun talud penahan ombak dengan sistem pekerjaan Swakelola.
“Kelima titik itu, yakni Desa Totodoku, Mandiri, Kolorai dalam wilayah Kecamatan Morotai Selatan, kemudian Desa Maba, dan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Desa tersebut Kecamatan Morotai Utara,” kata Kepala Dinas PUPR Morotai, Ramlan Drakel, ketika dikonfirmasi media ini, Senin (09/08).
Ramlan bilang, volume pekerjaan talud penahan ombak dengan menggunakan bois itu masing-masing sepanjang 100 meter dengan nilai kontrak yang berbeda-beda.
“Untuk volume pekerjaan swakelola dari lima titik itu semua sama masing-masing 100 meter, hanya saja untuk anggarannya sedikit berbeda dengan Desa Kolorai. Jadi kalau Totodoku, Mandiri, Maba dan TPU itu anggarannya masing-masing Rp 480 juta, sementara untuk Kolorai sendiri agak melebihi sedikit, karena Kolorai ini pulau jadi sebelum dikerjakan harus mobilisasi bahan dulu,” jelasnya.
Menurutnya, pekerjaan talud dengan sistem swakelola itu karena disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah karena proyek tersebut tidak menggunakan anggaran dari pusat.
“Disesuaikan dengan anggaran, karena kalau tidak diswakelola maka pemasangan per meter itu mencapai Rp. 800.000, tapi karena swakelola sehingga permeter kita dapat hanya Rp.480.000. Pekerjaan ini bukan hasil usulan di pemerintahan pusat, tetapi ini mengunakan Dana Alokasi Khusus (DAU) tahun 2021,” katanya.
“Walaupun pekerjaan ini swakelola, tetapi kami libatkan masyarakat setempat untuk melakukan pencetakan bois. Jadi, bois ini dipasang kemudian dilakukan penimbunan dibelakang bois,” tambahnya. (∆)
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL