Pemerintah Kota Ternate Serahkan RPJMD ke DPRD

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) akhirnya serahkan dokumen rancangan awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 ke DPRD Kota Ternate.
Penyerahan tersebut diserahkan oleh Plt. Kepala Bappelitbangda, Rizal Marsaoly dan diterima langsung ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailussy, dan disaksikan tim ahli RPJMD, Muamil Sunan, Abdullah Ismail dan Sekretaris DPRD Kota Ternate, Sofia M Nur.
Rizal mengatakan, penyerahan Ranwal RPJMD ke DPRD untuk dibahas karena dokumen ini merupakan pedoman dalam menyusunan perencanaan dan membangun Kota Ternate lima tahun ke depan.

Lihat Juga : Penataan Wisata Pantai Kastela Ternate Melalui Dana CSR

Dalam dokumen tersebut, Rizal menyebutkan bahwa sudah tercantum visi dan misi “Ternate Andalan” atau Mandiri dan Berkeadilan dengan hasil kajian rancangan RPJMD oleh berbagi pihak termasuk unsur akademisi.
Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailuassy menyampaikan, pihaknya akan mengagendakan rapat internal guna membahas RPJMD. Setelah itu, baru komisi melakukan rapat internal untuk membahas dokumen tersebut.
Selanjutnya, DPRD akan melakukan rapat dengan pokja terkait Visi dan Misi yang tertuang dalam dalam RPJMD, kemudian Komisi yang membidangi akan melakukan pembahasan kembali. “Pembahasan ini lebih capat lebih baik, tetapi kita harus teliti sebelum diserahkan ke Pemerintah Provinsi untuk disahkan,”ucapnya.
Intinya, lanjut dia, lebih memprioritaskan pelayanan dasar masyarakat yakni, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. “Tetapi harus dilihat dari kemampuan anggaran daerah,” tutupnya.

Sementara Itu : Dispar Kota Ternate Tata Kembali Destinasi Wisata Pantai

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA