spot_imgspot_img

Mahasiswa Ternate Tolak Perusahaan Kayu di Pulau Mangoli

TERNATE, AM.com – Penolakan keberadaan perusahaan kayu bulat atau Logging bukan saja dari masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, khususnya masyarakat Desa Wailoba, kecamatan Mangoli Tengah. Namun suara penolakan juga oleh Mahasiswa di Kota Ternate.

Penolakan melalui aksi unjuk rasa di seputaran Kota Ternate terutama di depan Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) dan depan Pasar Barito pada Kamis (24/6/2021).

Aksi ini juga dilakukan di Kabupaten Kepulauan Sula. Pasalnya, perusahaan kayu bulat dengan nama CV. Azzahra Karya sudah meluncurkan alat – alat oprasi dengan alasan penitipan alat berat, namun tidak meminta izin dari Warga Desa dan Pemerintah Desa.

Koordinator Lapangan (Korlap) Boy Fokaaya kepada media ini mengatakan, penolakan yang dilakukan karena Warga Desa Wailoba sudah tidak percaya lagi dengan perusahan kayu, sebab di Tahun 2016-2018 Warga setempat dibohongi dengan janji, semisalnya menyelesaikan pembangunan Masjid, biaya Sekolah ditanggung perusahan, dan memperbaiki jalan raya, namun hingga kini belum dilakukan.

Bukan saja itu kata Boy, perusahan juga meninggalkan dampak negative pada Tahun 2019 sampai 2020, mengapa tidak, saat banjir selalu saja sebagian tanaman warga terbawah air dan longsor. Olehnya itu, Warga tidak mau masa itu terulang kembali.

Dari persoalan tersebut, massa aksi meminta kepada Gubernur Maluku Utara dan Dinas Kehutanan Maluku Utara jangan memberikan izin kepada CV. Azzahra Karya untuk melakukan oprasi kayu bulat di Pulau Mangoli, karena perusahan tersebut akan membawa petaka bagi warga desa dan generasi.

“Kami juga menegaskan kepada pihak kepolisian segera menangkap oknum yang menghadirkan perusahan kayu di Desa Wailoba, karena tanpa perusahan warga setempat bisa hidup. Sebab Perusahan yang bercokol hanya merusak alam dan tanaman warga dan janji yang tidak bisa ditepati,”tandasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL