spot_imgspot_img

DPRD Malut Meminta KSOP Selalu Melakukan Monev Kapal Laut

Reporter : Dirman Umanailo

SANANA, AM.com-Guna mencegah dan optimalisasi pelayanan pelayaran di Maluku Utara, maka harus dilakukan secara rutin Monitoring dan Evaluasi (Monev) oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate tentang kelayakan kapal dan izin pelayaran, demikian disampaikan Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara dari Dapil V Sula-Taliabu, Hi. Safi Pauwah.

Kepada media ini, Safi menyebutkan, kecelakaan KM. Karya Indah rute Ternate-Sanana yang mengalami kebakaran sekitar 5 Mil arah Timur Laut dari pulau Lifmatola pada 29 Mei 2021 pagi, karena KSOP tidak secara rutin melakukan Monev. Hal ini dibuktikan dengan dokumen perizinan/pelayaran KM Karya Indah sudah Kadaluarsa.

Disebutkan, memang selama ini. Pihak KSOP maupun Dishub Malut sangat jarang melakukan Monev terhadap Kapal Penumpang maupun Kapal Barang. Kejadian terbakarnya, KM. Karya Indah menjadi catatan buat Pemerintah. Sebab, dari data yang diperoleh KM. Karya Indah sudah beberapa kali mengalami kecelakaan laut seperti menabrak karang di Bacan, Halmahera Selatan dan juga beberapa kali mengalami kerusakan mesin saat melakukan pelayaran dengan Rute Falabisahaya-Sanana, Ternate-Manado, dan terakhir Sanana-Ternate.

“Bisa saja kebakaran ini dari mesin kapal. Informasinya kan seperti itu. Itulah sebabnya, KSOP harus teliti Kapal yang hendak melakukan keberangkatan dan selalu mengingatkan kepada Anak Buah Kapal (ABK) harus waspada dan berhati – hati dalam keberangkatan,” pinta Safi Pawah, Minggu (30/5/2021).

Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kebupaten Kepulauan Sula ini juga berterima kasih kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, dan Masyarakat Sula yang bersama – sama melakukan evakuasi para korban Kapal Karya Indah. 

“Saya meminta kepada pihak pemerintah segera mendata barang korban yang dianggap tidak mampuh, karena sebagian penumpang pasti ada orang yang tidak mampuh. Bantu sesuai kemampuan pemerintah daerah,”harap mantan Wakil Bupati Kepsul ini.

“Saya dari Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara Dapil V menyampaikan turut berduka cita sedalam – dalamnya atas korban kebakaran Karya Indah semoga semuanya selamat dalam keadaan sehat,” terangnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL