Pemerintah Tetapkan Koordinat Tapal Batas Halbar-Haltim

SOFIFI, AM.com – Beberapa tahun terakhir ini, polemik tapal batas wilayah antar kabupaten di provinsi Maluku Utara cukup mengundang perhatian publik. Salah satunya tapal batas wilayah kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dan kabupaten Halmahera Timur (Haltim). 

Setelah melalui berbagai tahapan, akhirnya selesai dan disepakati dengan garis batas administrasi kedua daerah yang telah dituangkan dalam berita acara kesepakatan yang memuat titik koordinat dalam lampiran peta batas wilayah.

Kesepakatan tersebut dilakukan dalam pertemuan antar Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur, dan difasiltasi oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara, di Kantor Gubernur Maluku Utara, Rabu (5/5/2021) lalu.

Pertemuan kesepakatan sudah dilakukan ke 3 (Tiga) kali. Pertemuan terkhir dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Drs. Samsudin Abd Kadir selaku Wakil Ketua Tim Pengewasan Batas Daerah, Kepala Biro Pemerintahan Drs. Ali Fataruba dan Kepala Bagian Pengelolaan Perbatasan dan Penataan Kawasan Aldhy Ali.

 Sementara, dilegasi dari Halmahera Timur di pimpin oleh Wakil Bupati Anjas Taher, dan dari Kabupaten Halmahera Barat di bawah komando Assisten I  Vence Muluwere.

Kepala Bagian Pengelolaan Perbatasan dan Penataan Kawasan Aldhy Ali mengatakan, dari hasil kesepakatan, selanjutnya Gubernur Maluku Utara akan melaporkan sekaligus menguslkan penerbitan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) batas daerah antara Kabupaten Halmahera Barat dan Kabupaten Halmahera Timur.

Dengan selesainya pembahasan batas Wilayah Kabupaten Halmahera Barat dan Kabupaten Halmahera Timur, lanjut Aldhy, maka Pemerintah Provinsi telah menyelesaikan seluruh segmen batas di wilayah provinsi maluku utara atau 8 segmen batas daerah.

“Dengan Demikian Provinsi Maluku Utara masuk dalam 10 Provinsi di Indonesia yang telah menyelesaikan permasalahan batas wilayah secara utuh, sehingga kedepan dalam rangka penyusunan RTRW Kabupaten dan Kota dan penyusunan kebijakan lainnya tentu telah memiliki batas wilayah yang defenitif,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA