spot_imgspot_img

Gaji Nakes Tak Terbayar, Petugas Kebersihan Desa di Morotai Meradang

MOROTAI, AM.com – Hingga kini, Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Pulau Morotai belum membayar gaji Tenaga Lesehatan (Nakes) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Terlepas dari itu, Petugas Kebersihan Desa, kembali meradang lantaran sudah 3 bulan, mereka sudah tidak menerima gaji.

Saat ditemui, salah satu petugas kebersihan desa Totodoku, Akbar Abdullah, mengaku gaji petugas kebersihan sejak Januari hingg Maret belum terbayar tanpa alasan yang jelas dari Pemda. Padahal, seharus dinas terkait sudah membayar upah mereka karena tinggal menghitung hari masuk bulan Suci Ramadhan.

“Sudah masuk bulan April ini gaji belum juga masuk padahal sudah cukup lama. Kami belum tahu apa sebabnya sehingga gaji juga belum ada,”ungkap Akbar kepada wartawan, Senin, (05/04/2021).

Disebutkan, gaji yang belum terbayar bukan saja dialami petugas penyapu jalanan. Namun juga dialami oleh para pembuang sampah. “Ini bulan puasa sudah dekat, gaji belum masuk. sementara setiap pagi kami bersihkan desa dan jalanan. Kami berharap, setelah kewajiban kebersihan desa dilaksanakan. Maka Pemda juga penuhi hak kami aebagai petugas kebersihan,”pintanya.

Dikatakan, jika Pemda tidak lagi mau membayar gaji tenaga kerja kebersihan desa, maka seharusmya segera diumumkan. Karena, selama ini para tenaga kebersihan desa tetap bekerja. “Kalau memang sudah tidak butuh kami, lebih baik sampaikan agar para pekerja bisa mencari pekerjaan lain,”tukas Akbar.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Morotai, Marwan Sidasi, ketika dikonfirmasi mengaku saat ini sudah memproses pencairan semua gaji para aparat desa.

“Sekarang ADD sudah masuk, jadi tinggal koordinasi degan Pemdes saja supaya cairkan, ada desa yang lain sudah cairkan, tergantung permintaan desa. DPMD sudah sampaikan ke Pemdes menyangkut ADD yang sudah luncurkan tahap 1 ke rekening desa, jadi segera cairkan gaji dan lain-lain,”akunya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL