spot_imgspot_img

Lembaga Riset Sosial & HAM MAKUGASA RESEARCH INDONESIA jadi Semangat Baru Aktivitas Malut

Reporter: Risno Rasai

TERNATE,AM.com –MAKUGASA RESEARCH INDONESIA merupakan lembaga riset sosial dan Hak Asasi Manusia (HAM) hadir dan mencoba bersinergi dengan baik dalam rangka melakukan riset terkait masalah sosial yang marak terjadi di Indonesia, terutama di Maluku Utara.

“Semoga tetap eksis di masyarakat Indonesia,” ujar divisi analysis public policy, Markrius Apy.

Makugasa Research menjadi semangat baru aktivis sosial Maluku Utara yang telah lama membentuk lembaga riset ini, dengan tujuan mengangkat masalah-masalah sosial yang tidak pernah diselesaikan, pentingnya Makugasa bersinergi dengan pemangku kebijakan dalam mengawal kepentingan masyarakat Maluku Utara.

Fakta sebuah fenomena hanya dapat diketahui atau diungkap melalui kerangka metodologis yang sistematis rasional, sehingga untuk mengatur dan menyelidiki (ungkap kebenaran) maka butuh kegiatan riset bentuk kemajuan ilmu pengetahuan, untuk itu Makugasa hadir sebagai solusi penyederhanaan pemecahan masalah lewat aktifitas riset yang menjadi pokok pengkajian bersama.

Direktur Makugasa Research Indonesia, Isra Anwar mengatakan. Masyarakat membutuhkan keadilan dan pemerataan dalam aspek pertanian dan ketahanan pangan, olehnya itu kehadiran Makugasa Research sebagai lembaga riset mampu menjawab dan mengawal berbagai keluhan masyarakat sera bisa bersinergi dengan baik.

“MAKUGASA merupakan salah satu lembaga berbasis pada riset ilmiah, yang nantinya bergerak pada persoalan-persoalan sosial, terutamanya lingkungan dan HAM. Insha Allah dengan kehadiran lembaga ini mampu memberikan dampak positif terhadap persoalan sosial kedepan, khusunya Maluku Utara,” ungkap Isra Anwar.

Berikutnya pada kegiatan penelitian dan produksi pengetahuan Hak Asasi Manusia untuk mendukung penelitian kebijakan sosial, MAKUGASA melakukan berbagai penelitian dan produksi pengetahuan untuk mendorong pembentukan kebijakan sosial berbasis bukti (avidence based policies), dengan pendekatan Hak Asasi manusia (Human rights based approach)

MAKUGASA hadir untuk memberikan fakta sosial yang sesungguhnya terjadi di tengah polarisasi masyarakat saat ini, tentunya itu semua dilakukan dengan pencermatan yang berbasis pada riset.

“Kenapa kita konsen terhadap issue HAM ? Karena HAM adalah fudamental melekat pada diri tiap manusia yang tidak bisa ditawar. Sudah saatnya anak muda melek tentang pentingnya HAM. Dengan HAM kita bisa memotret hampir semua aspek, yaitu Hak Sipil & politik, juga Ekonomi,sosial dan Budaya,” ujar Divisi Riset & Kampanye Jaringan Makugasa, Akbar Gamtohe.

 

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL