spot_imgspot_img

Sekprov Samsuddin Hadiri Simposium Regional Perikanan dan Kelautan

TERNATE, AM.com – Gubernur Maluku Utara dalam hal ini diwakili oleh sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Malut menghadiri sekaligus membuka kegiatan  Simposium Regional Perikanan dan Kelautan yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan atau Dies Natalis Universitas Khairun (Unkhair) yang  telah berusia 57 Tahun.

“Saya menyampaikan rasa bangga, bisa berada ditengah-tengah keluarga besar Universitas Khairun, dalam suasana perayaan Dies Natalis, yang tentu saja rangkaian perayaan ini perlu dimaknai sebagai momentum untuk menguatkan komitmen dari semangat awal berdirinya Lembaga yang kita banggakan ini”,ucap Sekda Samsuddin A. Kadir dalam menyampaikan sambutan  di Aula Unkhair pada Selasa (16/3).

Dikatakan, semangat awal berdirinya yang dicita-citakan dalam visi Unkhair  Menjadikan Universitas yang bermutu berbasis kepulauan dan kemajemukan. ”visi tersebut memberikan arah pengembangan ilmu pengetahuan yang tidak terlepas dengan ciri-khas kepulauan di wilayah kita”,tambahnya.

Menurutnya, Simposium Regional Perikanan dan Pertanian  yang dilaksanakan dihadiri oleh  semua pihak sekalian tentu saja merupakan salah satu bentuk atau cara mengaktualisasi semangat pendirian, dimana,lanjut Sekda, simposium dengan mengfokuskan perhatian pada pengembangan Perikanan dan Pertanian ini, tentu berkesesuaian dengan konteks Universitas berbasis kepulauan.

Lebih jauh dikatakan, Dapat Kita ketahui bersama bahwa meskipun struktur perekonomian Maluku Utara didominasi oleh sektor pertanian dan perikanan, namun menjadi tantangan kita bersama pula bahwa sektor ini belum memberikan share pertumbuhan yang optimal.

Menurutnya, Pembangunan dengan menggunakan sektor pertanian sebagai penggerak utama dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesempatan kerja dan berusaha serta peningkatan pendapatan daerah. “Sektor Pertanian juga telah menunjukkan ketangguhan dalam menjaga stabilitas ekonomi daerah serta berikut sistem agribisnisnya yang cukup besar peranannya dalam penyerapan tenaga kerja,”ungkapnya.

Sementara itu, pengelolaan kelautan dan perikanan, yang secara umum meliputi pilar-pilar pengelolaanya, antara lain soal Kedaulatan, Keberlanjutan, Kesejahteraan. “Perlu menjadi perhatian kita semua untuk dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemajuan, ini menjadi tantangan kita bersama,”beber Sekda.

Mantan kepala Bappeda Malut ini mengatakan, Tantangan lain dalam bidang penelitian antara lain, selain belum optimalnya pemanfaatan hasil penelitan untuk mendukung peningkatan kualitas kebijakan maupun belum optimalnya hilirisasi hasil-hasil penelitian untuk menunjang pengembangan sektor unggulan ini.

Pemerintah Provinsi Maluku Utara,lanjut Samsuddin, mengharapkan sektor ini terus dikembangkan. Sebagai daerah dengan karakteristik kepulauan dengan masyarakat dan struktur perekonomian yang didominasi sektor pertanian dan perikanan, tentu saja membutuhkan pandangan-pandangan dan konsep yang diharapkan dapat meningkatkan kemajuan, sehingga pengelolaan pertanian dan perikanan mampu memberikan nilai tambah dan dapat memberikan kontribusi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, berkaitan dengan Simposium Regional Perikanan dan Pertanian saat ini, Pemerintah Provinsi Maluku Utara sangat mendukung kegiatan ini.

“Atas nama Pemerintah, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kami percaya melalui kegiatan ini berbagai pandangan-pandangan dan konsep yang lahir dari pemikiran-pemikiran cerdas akan digali disampaikan dan diharapkan bermanfaat, dan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan Perikanan dan Pertanian, tidak saja dalam kerangka literatur akademis tetapi juga mengarah kepada hilirisasi hasil-hasil penelitian untuk menunjang pengembangan sektor unggulan kita”,tandanya.

Sekedar diketahui hadir dalam kegiatan pembicaranya adalah kepala dinas pertanian pertanian, kepala dinas Perikanan dan Keluatan Provinsi. tampak hadir juga bupati Halbar dan Wali Kota Tidore Kepulauan, dan Plh Wali Kota Ternate.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL