spot_imgspot_img

Gubernur Maluku Utara Dorong 30 Desa Terang di Pulau Taliabu

JAKARTA, AM.com – Setelah puluhan tahun warga kabupaten Pulau Taliabu tidak menikmati listrik, kini sudah mulai legah. Pasalnya, gubernur provinsi Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba akan mewujudkan Nawacita Presiden Joko Widodo Indonesia di 30 desa yang ada di pesisir pulau mungil perbatasan dengan Sulawesi tersebut.

Komitmen gubernur Maluku Utara untuk mewujudkan Maluku Utara terang ini dengan mengirim kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ke Jakarta untuk membicarakan 112 desa di Maluku Utara yang belum dialiri aliran listrik atau belum tersentuh jaringan listrik. Seperti diketahui, masyarakata masih mengandalkan mesin diesel, dan penerangan tenaga surya mapun penerangan tradisional.

“Pemenuhan jaringan listrin sangat urjen untuk peningkatan kebutuhan masyarakat saat ini,”kata Kadis ESDM Malut, Hasym Daeng Barang, akhir pekan kemarin.

Dikatakan, sesuai arahan Gubernur, dirinya langsung menemui Asdep Energi Kedeputian I, Ridha Yaser di kantor Kemenkomarvest RI di Jakarta, pada 13 Maret 2021, sekaligus menyerahkan surat resmi dari Gubernur kepada Menkomarvest Luhut Binsar Pandjaitan.

Hasym menyampaikan, dengan sejumlah potensi sumber daya alam yang dimiliki, Provinsi Maluku Utara sebagai Provinsi yang relatif baru saat tengah berupaya melakukan percepatan pembangunan infrastruktur diberbagai bidang. “Pastinya untuk mendukung pengembangan investasi, pemulihan ekonomi kerakyatan dan peningkatan penerimaan negara serta kesejahteraan masyarakat,”ujarnya

Maluku Utara, merupakan salah satu daerah di Kawasan Timur Indonesia, secara geografis Maluku Utara merupakan provinsi kepulauan yang meliputi 10 Kabupaten/Kota, dengan luas wilayah 145.801,10 km² yang terdiri dari luas lautan 113.796,53 km² (69,08 persen) dan luas daratan 32.004,57 km² (30,92 persen) dan terdiri dari 803 pulau.

Sehingga itu, dilihat dari karakteristik dan kondisi Maluku Utara, membutuhkan ketersediaan jaringan listrik yang memadai untuk mendukung aktifitas pemerintahan, percepatan pembangunan, pengelolaan investasi maupun pertumbuhan ekonomi khususnya di pedesaan.

Harapan dan kebutuhan Pemerintah Provinsi Maluku Utara ini, tentu sejalan dengan kebijakan Nawacita Pemerintah yakni “Indonesia Terang’” dan Rasio Elektrifikasi secara Nasional dengan target 100 persen hingga tahun 2021.

Hasym menyampaikan, dalam tiga tahun terakhir ini Rasio Elektrifikasi di Provinsi Maluku Utara terus mengalami peningkatan. Jika pada tahun 2018 lalu Rasio Elektrifikasi di Level 87,35 persen, maka di tahun 2020 Rasio Elektrifikasi Provinsi Maluku Utara Mencapai Level 96,27 persen.

“Kami berharap Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, dapat membantu memenuhi kebutuhan penyediaan jaringan listrik bagi desa-desa yang belum tersentuh aliran listrik,”harap Kadis ESDM Hasym Daeng Barang.

Sekadar diketahui, 30 desa di kabupaten Pulau Taliabu yang masuk daam datar Indonesia, Yakni

  1. Desa Kawalo, kecamatan Taliabu Barat
  2. Desa Woyo kecamatan Taliabu Barat
  3. Desa Nggoli kecamatan Taliabu Selatan
  4. Desa Bahu kecamatan Taliabu Selatan
  5. Desa Bapenu kecamatan Taliabu Selatan
  6. Desa Galebo kecamatan Taliabu Selatan
  7. Desa Kilo kecamatan Taliabu Selatan
  8. Desa Sumbong kecamatan Taliabu Selatan
  9. Desa Ngaki kecamatan Taliabu Selatan
  10. Desa Maluli kecamatan Taliabu Selatan
  11. Desa Wolio kecamatan Tabona
  12. Desa Habunuha kecamatan Tabona
  13. Desa Fayaunana kecamatan Tabona
  14. Desa Peleng kecamatan Tabona
  15. Desa Kataga kecamatan Tabona
  16. Desa Kabunu kecamatan Tabona
  17. Desa Sofan kecamatan Taliabu Selatan
  18. Desa Kawadang kecamatan Taliabu Selatan
  19. Desa Losseng kecamatan Taliabu Selatan
  20. Desa Mantarara kecamatan Taliabu Selatan
  21. Desa Belo kecamatan Taliabu Selatan
  22. Desa Wai Kadai kecamatan Taliabu Selatan
  23. Desa Wai Kadai Sula kecamatan Taliabu Selatan
  24. Desa Kamaya kecamatan Taliabu Selatan
  25. Desa Waikoka kecamatan Taliabu Selatan
  26. Desa Tubang kecamatan Taliabu Timur
  27. Desa Penu kecamatan Taliabu Timur
  28. Desa Mananga kecamatan Taliabu Utara
  29. Desa Wahe kecamatan Taliabu Utara
  30. Mbono kecamatan Taliabu Utara
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL