spot_imgspot_img

Harita Group dan PT IWIP Tidak Diizinkan Buang Limbah ke Laut

SOFIFI, AM.com – Rencana pembuangan limbah ke laut (Perairan Maluku Utara) oleh dua perusahaan pertambangn yakni, Harita Group di Pulau Obi, kabupaten Halmahera Seatan dan PT. IWIP di Halmahera Tengah, pupus sudah. Bahkan, kedua perusahaan Tiongkok ini dipantau ketat Komisi III DPRD Maluku Utara.

Anggota Komisi III DPRD Maluku Utara, Sahril Taher belum lama ini mengatakan, setelah tidak mendapat izin pembungan limbah ke laut, kedua perusahaan tersebut terus dipantau. Sebab selama ini perusahaan tambang tidak ada yang bangun pabrik di Maluku Utara. Pembanguna pabrik setelah ada perubahan Undang-Undang Minerba ehingga dibangun Smelter Harita Group di Pulau Obi dan PT. IWIP di Halteng. “Saya pikir pak gubernur harus tegas masalah ini, dan terus melakukan monitoring sampai, kita lalai dalam pengaasan”ungkapnya.

BACA JUGA : PT. IWIP, Dari Menunggak Pajak Hingga Penggunaan Air Illegal

Dikatakan, untuk izin pembuangan limbah ke laut sudah  tidak ada. “Jangan mimpi, karena teknologi apapun tetap merusak lingkungan kalau buang limbah ke laut. Bahkan beresiko sangat tinggi,”tegas Ketua DPD Gerindra Malut ini.

Disebutkan, rapat yang digelar bersama Harita Group, bahwa memang selama ini ANDAL, limbah di buang ke darat. Sehingga rencana akan buang ke laut masih tahap rencana tetapi pasca disoroti sehingga penjelasan dari pimpinan perusahaan PT. Harita Group, bahwa sudah tidaklanjuti izin pembuangan limbah di laut.

DPRD Malut Sesalkan Pemprov Tidak Tegas Kepada PT. IWIP

Itu artinya, kata Sahril,  pihak perusahaan baik itu PT. IWIP maupun Harita Group, mereka juga ragu untuk buang ke laut. “Kita sudah tegaskan agar tidak lagi menggunakan izin itu untuk pembuangan limbah ke laut. Penjelasan dari mereka bahwa mereka tidak tindaklanjuti lagi,”terangnya, sembari menegaskan, prinsipnya jangan buang limbah ke laut gunakan teknologi apapun, tetap merusak.

“Statemen gubernur itu sudah tegas dan akan konsisten untuk menertibkan perusahaan tambang oleh karena itu, DPRD akan sinergikan dengan gubernur sehingga dari kebijakan politiknya, didukung,”pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL