Pelaksanaan STQ Nasional Resmi Undur di Oktober, Ini Alasannya

SOFIFI, AM.com Pelaksanaan Event Nasional, Seleksi Tilawatil Quran (STQ) 2021 di Provinsi Maluku Utara yang seharusnya pada bulan Juli 2021. Namun resmi diundur pada bulan Oktober 2021 mendatang setelah mendapat persetujuan dari Menteri Agama (Menag).

Diketahui, rencana penundaan STQ Nasional ini setelah gubernur provinsi Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba bersama wakil gubernur, M. Ali Yasin didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Samsuddin A. Kadir gelar rapat bersama Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas terkait pelaksanaan STQ Nasional Tahun 2021 Provinsi Maluku Utara di Kantor Kementrian Agama RI, Kamis (18/2/2021).

Wakil sekretaris panitia Nasional, Alfian Wakanubun saat dikonfirmasi melalui telepone salulernya membenarkan, pelaksaan STQ sudah final diundur pada bulan Oktober mendatang, di Sofifi.

“Kemarin pak Wagub pimpin pertemuan dengan Dirjen persiapan materi untuk STQ, penyampaian agenda kesiapan infrastruktur dan sebagainya sesuai dengan permintaan dari pusat yang kedua menyangkut minta penundaan”,ujarnya.

Dijelaskan, alasan permintaan penundaan itu yang pertama kalau pelaksanaan Juli bertepatan dengan keberangkatan jemaah haji (kalaupun ibadah haaji bisa dilaksanakan). Selain itu juga, kata dia, alasan lain lantaran akhir akhir ini kondisi cuaca yang kurang baik, serta kesiapan infrastruktur belum rampung.

Olehnya itu, tindak lanjut pertemuan kembali pada Kamis (18/2/2021) langsung dengan menteri agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas. Pertemuan tersebut dipimpin oleh gubernur KH Abdul Gani Kasuba, wakil gubernur pendamping dan Sekda sebagai ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kakanwil, H. Sarbin Sehe selaku dinas Teknis dan dirinya selaku sekretaris panitia STQ.

Pertemuan tersbeut kemudian meminta pengunduran STQ maka sudah disetujui pelaksanaan diundur pada bulan Oktober.

“Tanggalnya itu masih dirapatkan lagi. Pak gubernur minta tanggal 12 Oktober bersamaan HUT Provinsi, nanti departemen dipimpin Dirjen, Direktur untuk rapatkan lagi baru ditentukan tanggal baru dong bikin Surat Keputusan (SK) baru”,bebernya.

Ia mengaku, Menteri menyambut baik kedatangan gubernur dan dalam pertemuan yang hangat itu menteri agama sambil bersenda gurau dengan gubernur luar biasa.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA