Progres Pekerjaan Jembatan Ake Buton Tahap Pemesanan Rangka Baja

SOFIFI, AM.comPekerjaan proyek pembangunan jembatan Ake Buton pada ruas jalan Laiwui-Jikotamo Kecamatan Obi, Kkabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang dikerjakan oleh CV. Adyah Karya perogresnya saat ini sudah dilakukan pemesanan anggai (rangka baja) bahkan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) provinsi Maluku Utara, Santrani Abusama akan melakukan pengecekan langsung jember rangka baja ditempat pemesanan pada, Rabu (17/6/2020) hari ini.

 

Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR provinsi Malut, Risman Iriyanto Djafar mengungkapkan, jembatan Ake Buton bersumber dari anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) dikarenakan ada pemasangan rangka baja merupakan proyeksi yang besar.

Dikatakan, sebagaimana kegiatan yang tertuang dalan RAB terdiri dari beberapa item, diantaranya pertama pengadaan rangka baja yang sementara dilakukan pemesanan di Jakarta dan pada Rabu (17/6) hari ini, Kadis PUPR yang melakukan pengecekan jember langsung di tempat pembuatan rangka baja itu. Olehnya itu, rangka baja yang sudah tersedia yang akan di tes jembernya.

Lebih jauh wakil ketua IAPI Malut mengaku, selain itu berkaitan dengan timbunan dan perbaikan jalan darurat itu tim teknis dari penyedia dalan hal ini CV Adyah karya sudah berada di lokasi pekerjaan di Obi dan besok ( hari ini red) dijadwalkan perbaikan jembatan daruratnya sekaligus mulai persiapan pekerjaan timbunan.

Sedangkan item lainnya seperti lantai jembatan dikerjakan menunggu sampai rangka baja dari jembatan itu tiba di lokasi pekerjaan dan setelah dilakukan pemasangan atau perakitan rangka baja pada jembatan baru pengerjaan lantai jembatan.

Dijelaskan, terkait pemesanan rangka baja sampai tiba di lokasi paling lambat satu bulan. “Karena biasanya pengiriman seperti ini biasanya pakai tol laut,jadi otomatis ada jalur – jalur tol laut yang harus disingah sehingga paling lambat satu bulan sudah tiba di Maluku Utara,”jelasnya.

Sedangkan menyangkut progres jembatan ake Buton sampai dengan pemesanan rangka baja dan tes jembernya sudah diperkirakan progres mencapai 40 persen.

“Nanti kalau pengiriman rangka baja sampai di lokasi pekerjaan itu sudah mencapak 60 persen,”katanya.

Seraya menambahkan, sisa pekerjaannya itu plat biton timbunan maupun bersama jalan darurat diperbaiki.  “Target Kita jembatan ini tahun ini masyarakat bisa lewat,”akunya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA