spot_imgspot_img

DD Tahap 1 Mulai Cair

Reporter: Rusmin Umagapi

TALIABU-AM.com – Anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2020 sudah mulai tersalurkan ke Rekening Desa di beberapa Desa yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu.

“Iya kalau informasi yang diterima dari KPPN Ternate itu, untuk DD tahap 1 tahun 2020 hari ini sudah cair di 8 Desa, tinggal 63 Desa yang belum cair, Desa-desa yang sudah cair itu, Desa kilong, Desa Todoli, Desa Pancuran, Desa Mananga, Desa Wolio, Desa Langganu, Desa Maluli, dan Desa Holbota,” ungkap Kepala DPMD, Pulau Taliabu, Mansuh Mudo saat ditemui wartawan, Selasa (17/3/2020) di ruang kerjanya.

Mansuh menjelaskan, 63 Desa yang belum cair lantaran sebagian desa belum memasukan dokumen Perdes tentang APBDes tahun 2020, untuk dilakukan evaluasi oleh Tim Evaluasi Rancangan Peraturan Desa dari DPMD Pulau Taliabu, dan sebagian masih proses di KPPN Ternate.

“32 Desa sudah memasukan dokumen tersebut namun yang baru di kirim ke KPPN Ternate baru 15 Desa dan tinggal 17 Desa yang belum di krim ke KPPN, sebab kami Masi melakukan evaluasi dokumen Perdes tentang APBDes mereka,” ujarnya.

Dia berharap, kepada pihak desa yang belum memasukan dokumen Perdes tentang APBDes tahun 2020 agar segera menyusun dokumen tersebut, sebab waktu yang di berikan untuk pencairan DD tahap 1 mulai dari Bulan Januari sampai Juni 2020.

“Saya berharap Kepala Desa harus serius untuk secepatnya menyusun Perdes tentang APBDesnya karena musyawara Desa di 71 Desa ini sudah selesai berarti sudah ada usulan-usulan dari masyarakat yang sudah rampung, tinggal mereka muat di APBDes, karena waktu yang di berikan ini hanya dari Bulan Januari sampai Juni,” pintanya. (∆)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL