spot_imgspot_img

Siapkan Skenario Pencegahan Coronavirus, Gubernur Minta Masyarakat Tenang

TERNATE,AM.com – Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menyikapi wabah virus corona, yang diketahui telah ada 6 orang terinfeksi di Indonesia.

“Sebagai Gubernur Maluku Utara saya menginstruksikan kepada saudara Bupati dan Wali Kota agar dapat mengambil langkah langkah strategis dalam menghadapi wabah virus corona,” katanya saat melakukan konferensi pers di kediaman gubernur Malut, Sabtu (7/3/2020).

Langkah langkah strategis yang dimaksud gubernur yaitu, pertama; Melibatkan pihak terkait untuk memperketat setiap pintu masuk wilayan, dengan melakukan penapisan kepada pelaku perjalanan dan luar negeri dan dalam negeri yang diduga terjangkit virus corona.

“Kedua; Melakukan pencegahan serta promosi kesehatan guna antisipasi penyebaran lanjutan virus corona dengan menyiapkan Rumah Sakit Rujukan di tingkat Kabupaten/Kota beserta sarana prasarana penunjang sesuai standar,” pintanya.

Ketiga, kata gubernur. Melakukan koordinasi dengan Forkopimda beserta seluruh OPD terkait untuk menjaga iklim kondusif dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di wilayah dengan harga yang stabil.

Keempat; Segera menindaklanjuti hasil rapat koordinasi kesiapsiagaan menghadapi infeksi novel corona virus (COVID-19) tingkat Provinsi Maluku Utara yang telah dilaksanakan pada 1 Februari 2020 di Kantor KKP Kelas Temate melalui Dinas Kesehatan
Kabupaten/Kota.

“Kelima; membentuk satuan tugas kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap pencegahan dan pengendalian penularan COVID-19,” perintahnyq.

Selanjutnya, gubernur mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang, tidak memberikan reaksi berlebihan, dalam menerima informasi dari sumber yang tepat serta membatasi publikasi yang tak perlu, yang dapat menimbulkan kepanikan masyarakat.

“Mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat antara lain, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir; batasi menyentuh wajah sebelum mencuci tangan; terapkan etika batuk; gunakan masker jika batuk atau flu; batasi jabat tangan; tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang, minum air yang cukup, dan aktifitas fisik minimal 30 menit per hari; dan yang terakhir jaga jarak dengan orang yang sedang demam, batuk dan bersin,” imbaunya.

Sekadar diketahui, dalam konferensi pers tersebut gubernur didampingi Kepala Kantor KPP Kelas III Ternate, Aulianto. Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, Andi Herman. Kepala Dinas Kesehatan, Idhar Sidi Umar. Kepala Biro Protokoler, Komunikasi dan Kerja Sama Publik, Mulyadi Tutupoho. (Ong)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL