6.3 C
London
Selasa, Maret 9, 2021

Oknum Kader PMII Kepsul Pukul Wartawan

Reporter: Rusdianto Umagapi

SANANA, AM.com– Kekerasan terhadap wartawan kembali terjadi. Kali ini, dilakukan oleh oknum kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kepualauan Sula, Ashari Yoioga yg memukul wartawan saat melakukan peliputan aksi.

Tanpa berpikir panjang, Ashari Yoioga memukul wartawan media online Kabardaerah.com, Mulkin Fokaaya yang ditugaskan di wilayah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul).

Penganiayaan itu terjadi saat Mulkin melakukan tugas peliputan aksi unjuk rasa masyarakat Desa Bajo bersama PMII dan LAKPESDAM-NU cabang Kepsul, dengan issu menuntut Bupati kepsul, terkait dengan SK Pj Kades bajo yang dikeluarkan oleh Bupati, bertentangan dengan UU nomor 10 tahuan 2016, dan surat edaran Bawaslu, Selasa (14/1/) kemarin.

“Saat melalukukan peliputan dengan posisi berdiri mengambil gambar di depan Kantor Bawaslu Desa Waiipa, tiba- tiba sala satu Kader PMII memakai topeng dan helm memegang Bendera PMII yang terikat dengan bulu menyerang saya,” kata Mulkin, Rabu (15/1/2020).

Selain itu Mulkin menambahakan, bahwa  dirinya juga ditendang oleh pria bertopeng yang arogan itu, sehingga kaki kirinya mangalami bengkak.

“Dia juga mendang saya sehingga kaki kiri saya bangkak di bagian paha,” ungkapnya.

Kejadin ini mendapat tanggapan keras dari Ketua Komunitas Wartawan Sula (KWS),k aspirasimalut.com mengatakan, terkait dengan kasus kekeresan terhadap wartawan ini, Polres Kepsul segera menangkap oknum kader PMII Cabang Kepulauan Sula itu.

Lanjut Ekhy sapaan akrabnya, ini telah melanggar pasal 4, ayat 2 dan 3 UU nomor 40 tahun 1999 tentang pers, dan juga pasal 351 ayat 1 KUHP tentang penganiayaan, dan pasal 335 ayat ke 1 KUHP tentang membuat persaan tidak enak.

“Kami yang ditugaskan untuk melaksanakan peliputan pada wilayah kabupaten sula, kami tidak menerima baik atas tindakan yang dilakukan oleh oknum kader PMII cabang kepulauan sula ini, karena ini telah melanggar UU yang berlaku” ungkapnya.

Untuk diketahui kasus penginayaan yang dilakukan oleh sala satu oknum kader PMII Kepsul tersebut suda dilaporkan ke Polres Kepsul. (∆)

Latest articles

44,3k Pengikut
Mengikuti

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here