spot_imgspot_img

Pemuda Pohea Gelar Pentas Seni Menyongsong Hari Sumpah Pemuda

 

Reporter: Rusdianto Umagapi

SANANA, AM.com-Menyongsong hari sumpah pemuda ke-91 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2019, Pemuda Desa Pohea Kecamatan Sanana Utara, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), menggelar kegiatan pentas seni dan budaya, Selasa malam (15/10/2019).

Kegiatan yang berlangsung di lokasi wisata Mangrove Libsangaj desa Pohea ini, bertema Merajut Kebersamaan Dalam Menggalih Potensi dan Mengembangkan Kreatifitas Seni dan Budaya Sula, mendapat apresiasi dari bupati Kabupaten Kepsul Hendrata Thes.

Dalam sambutan bupati mengatakan, desa Pohea adalah satu-satunya desa yang membawa nama baik kabupaten Sula, dengan meraih juara tiga lomba desa di tingkat nasional, pada tanggal 6 Agustus 2017 lalu.

“Saya masih ingat di Agustus tanggal 6 2017 lalu, desa Pohea meraih juara tiga (3) lomba desa ditingkat nasional, dan sampai saat ini belum tergantikan, itu berarti desa pohea masi yang terbaik,” kata bupati disambut tepuk tangan yang meriah.

Sementara itu, Kepala Desa pohea Rudi Duwila kepada wartawan mengatakan, kegiatan yang digagas oleh pemerintah desa, dan pemuda desa pohea ini, bertujuan mendorong kearifan lokal yang ada di dalam desa, yaitu kerajinan tangan seperi kursi yang didesain dari bambu, lampu hias yang di desain dari rotan, dan kerajinan tangan lainya seperi kripik dan kue.

“Sudah disiapkan stan, dan suda bisa dipajang hasil inovasi berupa kerajinan tangan dan sebaginya. Kemudian kalau ada perhatian dari pemerintah maka kami berencana bekerja sama, dengan 80 desa yang ada, agar kami bisa menerima hasil kerajinan tangan dari desa yang lain,” ujarnya.

Selain itu lanjut dia, kegiatan ini untuk meningkatkan tali silaturahmi, antara pemerintah desa, dan pemerintah daerah, warga dan pemuda hususnya pemuda desa Pohea. Ia juga berharap kepada pemda kepsul untuk bisa membantu, agar di lokasi pameran ini, bisa dijadikan pasar sentral centra mata ole-ole.

“Karena tempat ini menurut saya sangat strategis, dan salasatu tempat wisata yang ada di Sula, kemudian ada pada pusat pemerintahan kabupaten,” harapnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL