spot_imgspot_img

Rahmawati Calon Kuat Ketua DPRD Maluku Utara

TERNATE‚ AM.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali mendapat jatah kursi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Utara masa bakti periode 2019-2024. Rahmawati Muhammad‚ nama yang digadang-gadang calon orang nomor satu kursi parlemen Malut.

“Rahmawati Muhammad. Saya belum dengar (lainnya) kecuali nama Ibu Rahmawati,” ungkap Ketua Bapilu PDIP Malut Darwis Gorontalo, Rabu (15/5/2019).

Ada alasan mengapa nama istri wakil wali kota Tidore Kepulauan sekaligus ketua PDIP Malut itu kuat untuk mengisi posisi kursi ketua Deprov. Meski begitu, Darwis menyebutkan ini baru sekedar rumor internal partai dan belum menjadi keputusan DPP yang perlu restu dari sang ketum, Megawati Soekarnoputri.

“Pertimbangan dia memang punya kemampuan untuk itu. Beliau (Rahmawati) peraih suara terbanyak dari seluruh caleg provinsi. Belum (jadi keputusan resmi DPP). Ibu Rahmawati (rumor kuat),”sebutnya.

Selain nama Rahmawati, terdapat nama Lusiany Inggilina Damar juga yang disebut-sebut berpeluang menjadi ketua Deprov. Lusiany sendiri adalah peraih suara terbanyak ketiga setelah Astri Tiarasari Yasin. Namun nama anak wagub Malut Al Yasin Ali itu tidak termasuk kandidat calon ketua Deprov.

Sementara itu Ketua Fraksi PDIP, menurut Darwis, ada kemungkinan Lusiany atau Astri. Sebab keduanya juga peraih suara terbanyak. “Rumor ketua fraksi ada dua nama itu yakni Lusiany dan Astri,”ungkap Ewis sapaan akrab.

Berdasarkan UU MD3 No 2/2018, kursi Ketua DPR dan DPRD diberikan kepada parpol dengan raihan suara terbanyak. Sementara empat wakil pimpinan DPRD menjadi jatah parpol pemenang pemilu sesuai dengan urutan.

Berdasarkan hasil pleno KPU provinsi Maluku Utara pada Sabtu (11/5/2019) lalu, juara Pemilu 2019 adalah PDIP dengan perolehan 103.472 suara (8 kursi). Kemudian disusul berturut-turut Golkar 94.145 suara (8 kursi), Gerindra 54.858 suara (5 kursi), dan Demokrat 53.096 suara (4 kursi). Dari data itu, Rahmawati mengantongi suara terbanyak pertama degan jumlah 15.986 suara, disusul Astri dengan raihan 10.732 suara dan Lusiany 3.610 suara. (red)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL