spot_imgspot_img

Peduli Laut, Warga Taliabu Hibahkan Tanahnya untuk Pos Polairud Polda Malut

Reporter : Rusmin Umagapi


TALIABU, AM.com– Sungguh terpuji. Muhaimin Sarif SE. salah satu masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), yang memiliki kepedulian dengan potensi alam bawah laut, hal ini dibuktikan dengan menghibahkan tanahnya untuk pembangunan Pos Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Maluku Utara, yang berlokasi di Desa Talo Kecamatan Taliabu Barat (Talbar) Pulau Taliabu, sehingga petugas yang berwenang dapat menjaga laut.

Penyerahan tanah sekaligus penandatangan surat hibah itu, dilaksanakan pada kamis, (14/3/2019), di lokasi hibah tanah tersebut, dan disaksikan lansung oleh Kepala Desa Talo Steven Oholidjan, Danpos Polairud, Pulau Taliabu, Brigpol Asfar Pora, beserta jajarannya, utusan dari advokat Edi Hasin La Madu, SH,. MH, dan tokoh masyarakat.

Muhaimin Sarif, saat dijumpai awak media usai penyerahan tanah, menuturkan, jika dipetakan Taliabu ini di kelilingi oleh laut, segala potensi laut bukan hal yang menjadi rahasia lagi, karena seantero laut yang mengelilingi Pulau Taliabu dipenuhi dengan kekayaan laut baik dari ikan, rumput laut, tripang dan sebagainya, kemudian lautnya pun kaya dengan trumbu karang yang mungkin akan menjadi potensi pariwisata.

“Apabila potensi ini, tidak dikelola dan diawasi secara baik oleh para pihak-pihak yang diberikan tanggung jawab untuk mengawasi dan menjaga kelestarian ataupun ilegal fising dan sebagainya, tentu itu tidak mendatangkan nilai bagi masyarakat maupun perkembangan daerah ini lebih baik kedepan,” ujarnya.

Olehnya itu, kata Muhaimin, kebutulan dirinya memiliki lahan sebidang tanah yang dihibahkan untuk kepentingan bagi kemajuan dan perkembangan ekonomi masyarakat kedepan, dengan adanya pengawasan dari pihak kepolisian khususnya di Polairud untuk lautan dari berbagai potensi yang ada, maka menghibahkan sebidang tanah dengan harapan bisa di bangun Pos Pengawasan.

“Kebutulan tempatnya sangat strategis bisa lansung menatap Laut Sulawesi kemudian Laut Banda, insya Allah ini menjadi hal yang bermanfaat bagi intitusi kepolisian dalam rangka penegak hukum di wilayah pesisir dan laut di Pulau Taliabu,” harap Muhaimin sekaligus mewakili masyarakat Taliabu.

Dirinya menambahkan, adapun hibah tanah ini sekali lagi tidak memiliki tendensi apapun selain bagaimana berpartisipasi penuh terhadap berbagai macam penegakan hukum dalam rangka melindungi hak-hak rakyat yang ada, yang merupakan bagian dari Polairud, di kabupaten pulau taliabu.

Sementara itu Danpos Polairud, Pulau Taliabu, Brigpol Asfar Pora kepada awak media, mengatakan, selaku komandan Pos Polair Pulau Taliabu bersama jajaran yang mewakili Dirpolairud Polda Maluku Utara, mengucapkan banyak terima kasih kepada Muhaimin Sarif yang telah menghibahkan lahan untuk Polairud Polda Malut.

“Insya Allah, secepatnya kalau ada waktu, beliau, Dir Polairud Polda Malut akan turun untuk melakukan pengecekan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, kalau sampai di bangun markas unit patroli di Pulau Taliabu atau pos pantau Polairud Polda Mulut, di Pulau Taliabu, akan menetapkan hukum di laut untuk lebih lancar kedepan nanti. (*)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL