spot_imgspot_img

Terbatasnya Pagu Anggaran, Pembangunan Pariwisata Terhambat

Reporter : Rusmin Umagapi

TALIABU, AM.com– Pembangunan parawisata di Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) sampai saat ini masi terhambat, hal dikarenakan terbatasnya pagu anggaran.

Kepala bidang pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan olahraga (Disparpora), Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Darlin Hamsale saat di temui awak media di ruang kerjanya, Kamis (17/01/2019) menuturkan.

“Selama dua tahun terakhir, kalau tidak salah hanya ratusan juta untuk pembangunan periwisata, sebab di sini ada tiga bidang yakni, bidang pariwisata, pemuda dan olahraga, misalnya pagu anggaran di sini 5 miliar, tapi itukan di bagi tiga bidang,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan, kalau dulu masih tergabung dengan dinas perhubungan, pariwisata dan informatika, masih dapat anggaran 5 sampai 6 miliar khusus bidang pariwisata.

“Jadi kendala yang paling pertama itu kemudian Ripda itu, bukan baru sekarang, tapi dari tahun 2016 Ripda sudah ada, termasuk Ranperdanya sudah dibuat dan kemarin sudah dibahas,” ungkapnya.

Dikatakannya, di dalam dokumen Ripda itu dibahas semua potensi di Pulau Taliabu yang ada dalam sektor pariwisata itu sudah ada pendataan.

“Infastruktur dasar di tahun 2016 itu kan, kami sudah bangun tapi, terbatas juga, hanya di Tanjung Merah dan Ratahaya. Sedangkan kita mau presur untuk pengembagan selanjutnya, karena setiap program itukan dia berkelanjutan, cuma karena persoalan anggaran saja,” jelasnya.

Jadi di tahun 2019 ini, katanya tetap melakukan program-program yang berkaitan dengan eksplorasi, penentuan objek destinasi wisata itu sudah ada.

“Cuma bagaimana kami mau kembangkan potensi-potensi keunggulan itu, karena potensi itu tidak bisa di tentukan banyak,” ujarnya. (*)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL