spot_imgspot_img

Kunjungi Morotai, Menkominfo Janjikan Layanan Internet

Reporter: Maulud Rasai

MOROTAI, AM.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara, melakukan Kunjungan Kerja (Kungker) di Kabupaten Pulau Morotai, dalam Kunjungan tersebut, Menteri mengunjungi lokasi BTS (Base Transceiver Station) di Desa Muhajirin Baru Kecamatan Morotai Selatan (Morsel) dan Desa Waringin Kecamatan Morotai Selatan Barat (Morselbar), Rabu (02/01/2019).

Kedua Lokasi BTS yang di kunjungi Menteri itu merupakan Dua dari BTS yang telah dibangun di Pulau Morotai beberapa tahun lalu oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika di daerah blankspot sinyal telekomunikasi di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Tidak hanya itu, Menteri Komunikasi dan Informatika dalam kunjungan tersebut juga sekaligus melakukan panggilan percobaan (test call) ke BTS blankspot yang ada di beberapa Kabupaten lain yang ada di Indonesia termasuk dengan Kementrian Desa. Test call tersebut dilakukan dengan maksud untuk menguji sinyal telekomunikasi seluler antara BTS.

“Pada tahun 2020 sebanyak 75 ribu Desa semuanya sudah akan terhubung Internet dengan Kecepatan tinggi, dan pada tahun 2022 kita akan punya satelit sendiri, sehingga pada tahun 2023 saya bejanji semua sekolah, Pesantren, Puskesmas, Kantro Desa, yang belum terjangkau internet Semuanya dapat terakses oleh Internet,” kata Menkominfo Rudiantara di Lokasi BTS.

Lanjutnya, Pembangunan BTS di daerah blankspot merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan infrastruktur layanan akses telekomunikasi yang menghubungkan seluruh daerah di Indonesia. Pembangunan sarana telekomunikasi dan infromatika di wilayah perbatasan sesuai dengan amanat ketiga Nawa Cita, yaitu membangun Indonesia dari pinggir dengan memperkuat Desa-desa dan Daerah-daerah dalam kerangka negara persatuan.

“Jadi Komunikasi ini untuk memperpendek rentan kendali, tetapi saya juga himbau kepada masyarakat agar dapat menggunakan internet dengan sebaik mungkin, agar dapat mencerna Informasi yang baik, dan tidak dapat menyebarkan informasi yang tidak benar,” harapnya.

Sementara Bupati Kabupaten Pulau Morotai Benny Laos, dalam sambutannya mengatakan, di Pulau Morotai terdapat 47 BTS, dan sebelum menjabat sudah ada 8 BTS yang di Bangun, sementara di Massa Kepemimpinannya terbangun 31 BTS, dan pada tahun ini terdapat 8 BTS lagi yang bakal di pasang oleh pihak Telkomsel.

“Dari target Nasional, di indonesia Morotai adalah salah satunya paling cepat karena hanya setahun Jaringan Internet terbangun semuahnya, baik itu di Sekolah, Puskesmas, RSUD, Tempat umum (Publik), olehnya itu, Saya minta kepada warga agar dapat menjaga BTS yang sudah dibangun, karena itu kepentingan kita semua,” katanya.

Selain itu, Bupati juga memastikan bahwa sebelum kabinetnya berakhir semua internet sudah terpasang 100 persen. (*)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL