Bupati Taliabu Ingatkan Penggunaan Dana Desa untuk Kemajuan Ekonomi dan SDM

 

Reporter : Rusmin Umagapi

 

TALIABU, AM.comBupati Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Hi. Aliong Mus, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Evaluasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun 2018.

Rakornas yang diikuti para kepala daerah se-Indonesia ini, dibuka oleh Wakil Presiden RI H.Muhammad Jusuf Kalla di Hotel The Sultan, Jakarta, Rabu (14/11/2018), membuka Rapat Koordinasi Nasional dan Evaluasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun 2018.

Bupati Pulau Taliabu‚ kepada reporter www.aspirasimalut.com‚ Sabtu (17/11/2018) siang tadi mengaku kalau dalam kegiatan ini Pemerintah berkomitmen membangun Indonesia dari desa-desa agar menjadi pusat perekonomian dan mandiri mengelola sumber daya alam.

“Dengan kegiatan ini input untuk daerah adalah kembali memberikan kebijakan kepada Kades dengan pengawasan pemerintah untuk mengelola SDA untuk kemajuan ekonomi desa,” katanya.

Kata bupati, selain persoalan ekonomi yang menjadi fokus, Wapres juga mengingatkan agar fokus pada pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya, dalam pemanfaatan dana desa harus berorientasi pada pembangunan sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat desa.

Empat hal yang menjadi tugas dia tahun 2019 untuk Pemkab Pulau Taliabu dalam mengembangkan desa-desa yang mempunyai potensi pengembangan untuk menjadikan desa sebagai pusat ekonomi, seperti kerajinan tangan, pariwisata, kuliner sesuai kearifan lokal daerah setempat.

“Harus ada sinkronisasi, infrastruktur, jalan, jembatan desa, sekarang harus pembangunan masyarakatnya, pendidikan, usaha ekonomi desa, program menyangkut peningkatan kualitas masyarakat, kesehatan, di luar dari pada BPJS, kita ingin ada fokus meningkatkan SDM dan ekonomi desa berkembang, banyak usaha desa berkembang, dulu ada KUD,” paparnya.

Usai pertemuan tersebut, Aliong Mus melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PDT) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Samsul Widodo.

Dalam pertemuan itu, dirinya meminta untuk memperhatikan kawasan Maluku Utara, terutama Pulau Taliabu. terutama bidang parawisata dan perkebunan serta Kelautan.

“Ada beberapa hal yang saya utarakan termasuk permohonan untuk transmigrasi,” ungkapnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA