spot_imgspot_img

Pemantapan Pelaporan‚ Kepala DPMD Pultab Gelar Rakor Bersama Camat

 

Reporter : Rusdianto Umagapi

TALIABU, AM.comKepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), akhirnya menggelar rapat koordinasi bersama kepala-kepala pemerintahan Kecamatan se-Pulau Taliabu bertempat di kantor DPMD Pulau Taliabu.

Kepala DPMD Pulau Taliabu, Muhlis Soamole saat di temui Aspirasi malut.com, Kamis (25/10/2018) mengatakan, rakor bersama 8 kepala pemerintahan kecamatan itu, guna menghidupkan kerja sama lintas sektor, terutama bersama kepala wialayah kecamatan agar dapat mengkordinir para kepala-kepala desa diwilayahnya masing-masing terkait percepatan penyampaian laporan realisasi DD tahap II dan Alokasi dana Desa (ADD).

Menurutnya, pertemuan tersebut pada intinya untuk mempercepat proses penyerapan anggaran di desa sehingga target-target pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa pun dapat terlaksana dengan baik.

“Inti dari pada rakor tersebut agar para camat dapat berkoordinasi dengan kepala-kepala desa diwilayahnya masing-masing, agar segera mengurus atau menyampaikan laporan realisasi DD maupun ADD, sehingga penyerapan anggaran di desa itu tidak terlambat, karena torang punya target itu adalah pembangunan dan pemberdayaan di masing-masing desa itu dapat berjalan dengan baik” jelasnya.

Hingga saat ini kata Muhlis, dari 71 Desa yang tersebar di Pulau Taliabu, masih ada sekitar 29 kepala desa yang belum menyampaikan laporan realisasi Dana Desa tahap II sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap pencairan DD tahap III, sebab kata dia, DD hanya bisa dicairkan apa bila, seluruh desa telah menyampaikan laporan DD. Oleh karena satu desa saja yang enggan memasukan laporan realisasi DD akan mempengaruhi pencairan DD secara keseluran di Pulau Taliabu. “Sampai sekarang 29 desa belum menyampaikan laporan realisasi dana desa”ungkapnya.

Terkait pemasukan laporan realisasi DD masing-masing desa ini, kata Muhlis Soamole, DPMD telah melayangkan surat berkali-kali kepada kepala desa namun lagi-lagi para kepala desa belum secara keseluruhan memasukan berkas laporan realisasi.

“Dengan menjalin kerjasama lintas sektor bersama kepala pemerintahan kecamatan dapat mengkoordinir seluruh desa dan mempercepat pemasukan laporan Realisasi DD agar target-target penyerapan anggaran di desa dapat berjalan maksimal sebelum akhir tahun 2018 ini”harapnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL