Empat Kali Monitoring, PUPR Kepsul Belum Bangun Talut dan Jembatan Wainib

 

Reporter : Rusdianto Umagapi

SANANA, AM.comDinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) hingga saat ini belum juga memenuhi janji untuk membangun talut dan jembatan di Desa Wainib, kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul). Padahal, instansi teknis ini sudah 4 (empat) kali melakukan monitoring karena sebelumnya rumah warga turut terseret bajir lantaran tidak ada talut penahan banjir serta kondisi jembatan sudah rusak.

Baca Berita Terkait : Pegawai PUPR Kepsul Dicekal Warga Wainib

Kepada reporter aspirasimalut.com, Rabu (10/10/2018), mengungkapkan jembatan yang sudah rusak dan pembangunan takut telah dijanjikan oleh pihak PUPR saat melakukan monitoring dan bahkan juga telah dijanjikan oleh bupati.

“Kami hanya berharap agar Pemda memperbaiki jembatan di desa Wainib, dan membuat talut, agar ketika saat musim pancaroba atau hujan nanti tidak ada rumah warga yang akan terbawa air,”ungkap warga setempat.

Dikatakan, jembatan itu bukan saja warga Wainib yang menikmatinya, tetapi dari desa-desa tetangga, yakni warga Wai Ina dan warga Kabau jika mengambil hasil pertanian di kebun dan saat menjual hasil kebun ke pusat kota.

Dari hasil pantawan media ini, Minggu (7/10/2018) jembatan penghubung di desa Wainib sudah rusak dan harus dibangun Talut, jika tidak luapan air ssat musim penghujang busa menerjal rumah warga.

Sementara itu sekretaris dinas PUPR saat di temuai diruang kerjanya, mengaku belum mengetahui apakah sudah dianggarkan pekerjaan jembatan Wainib dan Talut atau belum.

“Saya juga belum tahu pasti kalau jembatan itu sudah dianggarkan atau belum, dan jembatan itu sudah masuk di perencanaan atau belum, nanti saya akan konfirmasi kepada bina marga supaya lebih jelas kalau jembatan itu sudah di anggarkan atau belum,”akunya.

Setelah melakukan koordinasi dengan pihak bina marga, ternyata belum masuk progres program tahun 2018. “jembatan itu belum masuk dalam perencanaan,”singkatnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA