Panwascam Weda Gelar Sosialisasi dan Rekrutmen Relawan Pengawas Pemilu

Reporter : Risno Kimhay

WEDA, AM.comPanitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Weda melaksanakan Sosialisasi pengawasan Pemilu dan rekrutmen relawan pengawas Pemilu di kecamatan Weda Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Kamis (27/9/2018).

Sosialisasi yang menjadi peserta adalah perwakilan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Tingkat SMA, SMK dan Madrasah Aliyah Negeri Weda.

Kegiatan tersebut juga sebagai langkah awal Panwaslu kecamatan Weda dalam membentuk relawan pengawas Pemilu dimulai dari tingkat pemilih pemula, yang mana Undang-undang Pemilu mengamanatkan peran aktif masyarakat dalam proses penyelenggaraan Pemilu.

Ketua Panwascam Weda, Ali Munandjar mengatakan perekrutan relawan ini pun bagian dari program Bawaslu kabupaten Halmahera tengah dalam mengawasi pemilu 2019 berjalan dengan baik , sehingga pemilu di Kabupaten Halteng ini sesuai dengan Asas Pemilu.

“Nantinya relawan pengawas Pemilu ini dapat membantu kami dalam proses mengawal pemilu agar penyelenggaraan Pemilu dapat terawasi secara maksimal, dan membantu kami dalam proses tahapan-tahapan pemilu di desa yg dimana saat ini sudah masuk pada tahapan kampanye,”ungkap Ali.

Ia menambahakan, instruksi kepada jajaran di bawah yakni Panwas Desa agar berkordinasi dgn kepala desa dan tokoh pemuda, tokoh agama , tokoh perempuan dan pengurus mesjid dan gereja di desa agar membentuk dan merekrut relawan pengawas pemilu di tingkat desa. Minimal tiap desa 20 orang.

Perekrutan relawan ini pun bagian dari program Bawaslu kabupaten Halmahera tengah dalam mengawasi pemilu 2019 berjalan dengan baik , sehingga pemilu di Kabupaten Halteng ini sesuai dengan Asas Pemilu.

“Kegiatan tersebut diharapkan para calon pemilih pemula dapat ambil bagian dalam proses pengawasan tahapan Pemilu 2019 mendatang”,tutupnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA