Jelang Lebaran, ASDP Persiapkan 10 Armada Kapasitas Besar

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.comPT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ternate, bakal menambah frekuensi penyeberangan antar pulau untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah.

Manager Usaha PT. ASDP Cabang Ternate, Ali Tamher saat di temui di ruang kerjanya, Jumat siang (25/5/2018) mengatakan, sebagai gambaran umum untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik menjelang idul fitri ke depan.
Ia menuturkan, secara keseluruhan pihaknya mempersiapkan 10 Armada, dari 10 armada tersebut yang akan beroprasi di kabupaten/kota provinsi malut, antara lain di Halmahera Utara yaitu KM. Bandeng dan KM. Ngafi, dan tiga Armada berada di Halmahera Selatan KM. Lompa dan KM. Pulau Sagori dan KM Karapu 2, dan ditambah dengan 5 armada di untuk cabang Ternate.

Dari semua rute, kata dia, paling terberat ada di ternate sendiri olehnya itu di tambah dua armada sala satunya adalah PT Antosim. Berarti cabang ternate mempersiapkan 7 Armada.
Kata dia, jika terjadinya lonjakan penumpang berarti cara mengantisipasinya melalui tiga sekenario yang harus di jaga jangan sampai terjadinya kelonjakan penumpang melebihi dari kapasitas yang Pertama, jadwal normal atau menyusuaikan jadwal reguler yang ada. ke dua, dibuat sekanario jadwal yang padat atau melebihi trip dari jadwal normal. Ke tiga, jadwal sangat padat, momen ini terjadi pada lebaran hari pertama, “dan ini terjadi pada bastiong-rum,”katanya.

Secara Histris ternate-tidore jaraknya tidak terlalu jauh, hanya saja ada hubungan kekeluargaan jadi di setiap tahun pihaknya mengatakatan angkuta silahturahmi.

Biarpun padat Ujar dia, pihanya akan berusaha dengan kapal yang ada untuk mengangkut penumpang bastiong mau pun rum. Karena yang normal itu antar Bastiong-Rum hanya 14 trip. Namun yang terjadi saat lebaran terjadi pada hari pertama dan hari ke dua akan mencapai 38-40 trip. “Jddi yang ada kita arahkan ke lintasan bastiong rum,”ujarnya.

Selain itu, pihanya juga mengantisipasi dari lintasan bastiong-sidangoli dan bastiong-sofifi. Karena lintasan tersrbut secara normal cuman 5 trip, “misalnya terjadi lonjakan berarti frekuensi tripnya yang harus ditambah, karena di tahun ini armadanya besar-besar dibandingkan di tahun-tahun kemarin,”tukasnya.

Bahkan kata dia, menjelang 4 hari idul fitri rute dari Bastiong-Bitung tidak beroprasi, dan kapal tersebut membantu lintasan bastiong-sidangole, Bastiong-Rum, dan Bastiong-Sofifi.
Ia menghimbau kepada para mudik menjaga keselamatan dan jangan terlalu membawa barang yang terlalu kelebihan.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA