BEM Fakultas Teknik UMMU Ternate Gelar Safari Ramadhan di Kelurahan Tabona

Reporter : Dirman Umanailo

 

TERNATE, AM.comBadan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate, menggelar kegiatan Safari Ramadhan di kelurahan Tabona, kecamatan Ternate Selatan, Senin malam, (21/05/2018). Tujuan kegiatan safari ramadhan sendiri, untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat dan inovasi buat anak-anak di bawah umur yang berada di lingkungan kelurahan setempat.

Rektor UMMU Ternate, Saiful Deni, saat dikonfirmasi wartawan usai kegiatan, menuturkan, kegiatan safari ramadhan adalah kegiatan rutinitas yang dilakukan fakultas Teknik, untuk membangun inovasi dan kreatifitas mahasiswa. “Apalagi kegiatan ini dilaksanakan di bulan ramadhan,”katanya.

Kegiatan ini, kata dia, untuk membantu masyarakat memasuki bulan ramadhan agar bisa terhibur dengan suasana keislaman. Supaya potensi masyarakat bisa diasah melalui kegiatan yang di selenggarakan.

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan itu, agar dapat mengasah kemampuan masyarakat sesuai dengan mata lomba yang diperlombakan dalam bulan suci ini, yaitu lomba adzan, tilawah serta lomba lagu-lagu riligius.

Oleh karena itu lanjut dia, bagi siapa saja yang masuk Muhammadiyah berarti harus mengasah kemampuan dari sekarang. “Yang telah dibuat malam ini, karena UMMU adalah kampus yang bernuansa atau suasananya agama islam,”ujaranya.

Disebutkan pula, tujuan dari kegiatan tersebut, agar bagaimana mahasiswa kedepannya bisa menjadi seorang pemimpin baru, berlandaskan dengan pengalaman yang telah dilewati, mau itu kegiatan serimonial dan sebagainya.

“Maka harus membiasakan diri dari sekarang. Karena menjadi seorang pemimpin harus mempunyai kelebihan dalam memimpin mau itu kolompok kecil atau kelompok besar,”imbuhnya.

Ia berharap, kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan lagi, supaya tidak hanya  fakultas teknik saja yang melakukan kegiatan seperti itu, tapi harus semua fakultas yang ada di UMU, dan ini contoh yang baik.

“Kebetulan lurah Tabona juga alumni UMMU Program Studi Pemerintahan. yah ia sangat merespon dengan kegiatan kami, di kelurahan Tabona,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Pemerintahan Kelurahan Tabona, Rudi Djafar mengatakan, kegiatan BEM fakultas Teknik UMMU ini, pihaknya sangat apresiasi dengan kegiatan yang dilakukan, begitu juga dengan masyarakat sangat merindukan kegiatan yang dibuat.

Menurut dia, sebenarnya di kota Ternate kebanyakan masyarakat sudah mempunyai kulturnya sendiri-sendiri tidak sama hal dengan masyarakat desa/kota Ternate pada waktu lalu.

Kegiatan ini, lanjut dia, se-harusnya masyarakat Ternate dan perimerintah kota harus bangga, karena awalnya kita di kenal dengan kegiatan-kegiatan seperti ini. Apalagi inovasi yang diberikan kepada anak-anak yang berada di kelurahan Tabona. “Ini sangat positif,”ucapnya.

Bukan saja itu kata dia, dirinya sudah mengundang 8 TPQ di kelurahan Tabona untuk turut serta mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Teknik UMMU.

Ia mengharapkan kepada panitia harus sportif dalam penilaian kepada peserta lomba harus bisah menerima dalam kegiatan ini. “Untuk masyarakat marilah kita menjaga kegiatan yang dilaksanakan fakultas Tehnik UMMU, supaya bisah kelanjutan dan bisah di tiru oleh pemuda-pemuda kelurahan Tabona,”tutupnya.

Sekadar diketahui, dalam kegiatan ini. Turut juga dilibatkan mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Informatika, Pertambangan, dan jurusanteknik Sipil.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA