Baznas Kota Ternate Salurkan Bantuan Kepada 1500 Mustahiq

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.comBertepatan di bulan ramadhan 1439 Hijriah ini, Badan Ambil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate, menyalurkan bantuan kepada Mustahik atau sekelompok orang yang berhak menerima, zakat di Kota Ternate.

Ketua Baznas Kota Ternate, H. Anis Abbas, saat di konfirmasi oleh www.aspirasimalut.com di Duafa Center, Rabu (16/5/2018) pagi mejelaskan, kegiatan Basnas itu bukan saja dilakukan pada hari ini saja, tapi setiap hari kegiatan dijalankan, namun dengan anggaran yang mencukupi berarti undangan ke masyarakat tidak mampuh pasti banyak. “Kegiatan ini tidak melihat berapa bulan, karena anggaran sudah mencapai 75 persen, itu artinya sudah bisa disalurkan ke masyarakat yang berhak menerima atau para mustahiq itu,”ujarnya.

Dikatakan, untuk tahap awal pada hari pertama penyaluran dana yang sudah terkumpul bisa mencukupi buat kaum Mustahiq yang mencapai ratusan orang di gedung Duafa Center, semuanya bisa terpenuhi dengan bantuan yang diberikan dari beberapa pihak di kota Ternate. Namun dana ini bukan semata-mata memberikan kepada orang yang bisa memenuhi kebutuhan keluarga tapi buat kaum yang betul-betul tidak mampu dalam kehidupan ekonomi rumah tangga.

Ia menuturkan, penerima bantuan Baznas ini meruoakan para kaum Mustahiq yang diundang sebelumnya sudah dilakukan survei di beberapa tempat di kota Ternate. “Jika itu terbukti bahwa mereka perlu mendapatkan bantuan, baru kita bantu dengan dana yang ada,”tuturnya.

Anis menjelaskan, dalam pembagian zakat pada kaum Mustahiq sebanyak 1500 orang se-kota Ternate yang diberikan bantuan tunai Rp 350.000/orang. “Sekian banyak orang ini termasuk dalam masyarakat pulau Moti dan Hiri. Di dua tempat tersebut telah dibagikan pada hari Selasa pekan kemarin,”ungkapnya.

Uang yang diberikan kepada kaum yang tidak mampu ini, lanjut dia, supaya tidak lagi membuang anggaran transportasi dibeberapa tempat yang diberikan bantuan. “Kalau anggaran dibelikan bahan untuk dibagi pasti saja yang lainnya tidak dapat, oleh karena itu kita salurkan bantuannya dengan uang tunai agar mereka bisa belikan apa saja untuk kebutuhan keseharian mereka,”ucapnya.

Selain itu kata dia, dari jumlah rincian perhimpunan Zis sejak bulan Januari 2018 sampai pada 16 Mei 2018 mencapai Rp1.138.481.986 terdiri dari Zakat Rp904.236.562 dan Infag/sadakah sebesar Rp234.245.424 dengan jumlah Muzakki sebanyak 965 orang.

Sambung Anis, sambil mengharapkan, Semoga kedepan masyarakat kota ternate dapat menyalurkan sumbanganya melalui muzakki dari berbagai pihak walaupun sediki tetap saja itu adalah amal bagi kita semua.

Plt. Wali Kota Ternate Abdullah Tahir

Sementara itu Plt. Wali Kota Ternate Abdullah Tahir, kepada wartawan usai memberikan sambutan, ia mengatakan, kepada kaum mustahiq terhadap pembagian Baznas di kota Ternate bukan hanya pertama kali. Namun sering dilakukan kepada masyarakat yang kurang mampu di beberapa kecamatan baik dalam bentuk bahan mau pun uang tunai.

Lanjut Abdulah, program yang dijalankan oleh Baznas tujuannya untuk masyarakat yang tidak mampu. Karena ini sudah sesuai dengan hukum Syar’i dalam surah At-Taubah Ayat 43, 103 dan 267 serta sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelola Zakat serta sesuai SK wali kota Ternate nomor 182/1.5/KT/2016 Tentang Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kota Ternate Priode 2016/2021.

“Sesuai dengan landasan hukum agar dapat memberikan kewenangan terhadap masyarakat kurang mampu,”terangnya.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA