Kampanye Akbar AHM-RIVAI di Ternate Libatkan Anak-Anak

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.comKompanye akbar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Maluku Utara, Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-RIVAI), Sabtu (12/05/2018) sore tadi, yang dipusatkan di lapangan pelabuhan Perikanan Nusantara, kelurahan Bastiong Ternate Selatan, turut melibatkan anak-anak.

Pantauan www.aspirasimalut.com, pukul 16.00 WIT, simpatisan yang menghadiri kampanye nomor urut 1 ini, sejumlah anak-anak mengenakan antribut kampanye AHM-RIVAI. Padahal, sebelumnya Bawaslu Maluku Utara telah mengeluarkan edaran larangan keikutsertaan anak dibawa umur pada saat kampanye terbuka.

Olehnya itu, Devisi Hukum Panwaslu Kota Ternate, Asrul Tampilang saat di koonfirmasi di seputaran lokasi kampanye mengatakan, keterlibatan anak kecil ini sudah dibahas di beberapa hari yang lalu ketika membuat pertemuan bersama dengan KPU, Bawaslu, Kapolres, dan pasangan Calon AHM-RIVAI dan dibuat satu kesepakatan bahwa anak di bawah umur tidak bisa melibatkan diri mengikuti politik praktis.

“Tapi kenyataannya sampai saat ini masih ada keterlibatan anak kecil mengikuti kompanye. Padahal, sebebenarnya ini kesengajaan yang di buat oleh orang dewasa,”ucap Asrul.

Dengan begitu, kata Asrul, Panwas akan melakukan pengkajian terkait keterlibatan anak dibawah umur ini apakah sengaja digiring atau tanpa diawasih oleh orang tuanya.

Ia menjelaskan, PKPU nomor 4 tahun 2017 dan nomor 10 tahun 2017, sangat jelas melarang bahwa tidak bisa melibatkan anak kecil mengikuti kompanye pasangan calon. “Kami pantau sampai akhir kampnaye. Memang sangat di buktikan bahwa anak kecil juga mengikuti politik praktis maka akan kami kaji lagi, jikalau itu di sengaja maka kita akan tindak lanjuti ke Bawaslu,”tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda menghimbau agar pasangan calon mau pun tim suksesnya pasangan calon untuk tidak melibat kan anak kecil mengikuti kompanye.

“Saya menghimbau kepada pasangan calon, tim kompanye, dan orang tua jangan perbolehkan anak kecil melibatkan diri mengikuti kampanye, sebab peraturannya sudah jelas,”imbuhnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA