Tahun Ini, Dikbud Kota Ternate Berlakukan Sistem Zonasi di Seluruh Sekolah

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.comMemasuki tahun ajaran baru 2018-2019 Pemerintah Kota Ternate, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) akan diterapkan sistem zonasi atau pemerataan di setiap sekolah. Penerapan sistem ini, agar tidak ada lagi sekolah yang kekurangan siswa.

Meski begitu, pemberlakuan sistem zonasi tersebut masih dalam proses perancangan, karena sistem ini pemberlakuannya secara bertahap di setiap sekolah yang ada di Kota Tetnate.

Kadibud Kota Ternate, Ibrahim Muhammad saat di konfirmasi oleh www.aspirasimalut.com, Rabu (09/05/2018) pagi tadi, menjelaskan, pihaknya akan menerapkan aplikasi tersendiri di setiap sekolah, dan aplikasi tersebut, akan ditolak ketika siswa bersangkutan berada di zona lain.

“Misalnya ada calon siswa tinggal di kelurahan Bastiong, kecanatan Ternate Selatan, lalu dia mendaftar di sekolah yang ada di kelurahan Maliaro, kecamatan Ternate Tengah, itu pastinya ketika mendaftar calon siswa ini akan ditolak aplikasi yang kami pasang,”ungkap Ibrahim.

Dijelaskan, bahwa Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 17 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, memerintahkan untuk diberlakukan sistem zonasi. Itu dimaksudkan, Lanjut dia, agar tidak ada sekolah yang miskin siswa atau kekurangan siswa, karena ada sekolah yang kelebihan siswa.

Sehingga itu, pada tahun ajaran baru 2018-2019 Dikbud bakal berusaha tidak ada lagi sekolah yang kekurangan siswa dan kelebihan siswa. “Sebab Permendikbud itu, cukup jelas melarang bahwa tingkatan SMP itu minimal 11 kelas tidak boleh lebih dari itu,”terangnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA