Dua Orang Suku Tugutil Keluar Hutan, Alasannya Mengharukan

Reporter : Risno Kimhai

WEDA, AM.comLama tidak berjumpa dengan suami dan kakak kandungnya, Ngawate (25) salah satu warga Tugutil di pedalaman kawasan hutan Akejira, kecamatan Weda Tengah kabupaten Halmahera Tengah nekad keluar hutan dan masuk kota Weda, kabupaten Halmahera Tengah.

“Dua orang suku tugutil Ngawate (25) dan adiknya, Elya (18) itu istri dan adik Bokum yang saat ini ditahan di Rutan Jambula Ternate,”ungkap, BA TUUD Koramil 1505/02 Weda, Pelda Saleh Kabir.

Kedatangan mereka berdua diantar langsung oleh Malkianus (41) sebagai penerjemah bahasa Tugutil bersama istrinya Rina Makawimbang yang tinggal di Transkobe Desa Woejerana.

“Tujuan Meraka datang di Weda ini untuk cari makan dan dan untuk menemui suaminya yang ditahan di rutan jambula ternate, dalam kasus pembunuhan ayah dan anak warga maba (Haltim),”jelas Saleh, Senin malam tadi (7/5/2018)  saat dikonfirmasi.

Dikatakan, nerdasarkan petunjuk pimpinan untuk menghadap Bupati dan pada akhirnya Bupati  merespon baik, sehingga mereka diberikan uang dan dibelanjakan untuk membeli makanan.

“Dan instruksi langsung dari pimpinan kami Dandim Tidore, dua orang suku tugutil itu akan kembali lagi di Weda untuk di bawa ke Ternate untuk menemui suaminya Bokum yang ada di Rutan Jambula Ternate,”tutupnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA