Guru Diniyah Di Ternate 3 Bulan Tidak Digaji

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.comSelama 3 (tiga) bulan, gaji guru Diniyah kota Ternate tidak menerima gaji. Belum diberikan gaji para guru ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Ternate, berasan belum diterima daftar absen mengajar sebagai daftar pembayaran gaji.

Terkuaknya tunggakkan gaji tersebut, Hj. Murni salah guru Diniyah SDN 14 Kota Ternate saat ditemui reporter www.aspirasimalut.com, Rabu (18/4/2018). Ia menuturkan, khusus gaji Diniyah dibayar tiga bulan sekali. Namun menjelang tiga bulan ini gaji Diniyah baru terbayar di bulan Januari. “Untuk di bulan Februari, Maret, April belum dibayar, dan kami belum dapat informasi lanjutan,”ungkapnya.

Selain itu gaji yang di bayar sudah di potang harga transportasi dari Rp850.000 di kurangi Rp750.000 di bulan ini. “Gaji Diniyah diturunkan Rp750, karena uang tranportasi dihapuskan,”katanya.

Namun kata dia, gaji di bulan ini harus berdasarkan data kehadiran untuk ditunjukkan ke Dikbid. supaya, bisa mengambil gaji tersebut.

Sementara itu, terpisah kepala sub bagian keuangan Dikbud Kota Ternate, Irnawati Imam saat dihubungi, mengatakan, bahwa dari 181 Guru Diniyah di Kota Ternate belum memasukan daftar hadir. Tapi untuk gaji belum maksimal dibayar. karena SK pembayaran belum dikeluarkan dari BPKAD.

Bukan saja itu, kata dia, yang menjadi kekeliruan adalah guru Deniyah kebanyakan sudah tidak aktif. “Entah kenapa mereka mengundurkan diri. tapi mereka tidak mengetahui ke pihak dikbud agar kami juga mengetahui itu,”ucapnya.

Irmawati menjelaskan, dari 10 guru Diniyah yang mundurkan diri membuat data tidak sesuai dalam pembayaran. Sebab 10 guru tersebut mengundurkan diri, tapi di ganti oleh guru yang lain tanpa koordinasi ke dikbud. “Kami sudah mendata semuanya tinggal SK pembayaran guru Diniyah selama dua bulan, yang harus di lunasi,”tutupnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA