Tinggal Sepekan Penetapan DPT, KPU dan Dukcapil Kota Ternate Turun ke Rumah Warga

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.comUntuk mengejar deadline waktu penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang hanya tinggal terhitung hari, tepat 19 April nanti. untuk mengejar capaian target itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate menggandeng Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk turun langsung ke rumah-rumah warga di Kelurahan Mado, Kecamatan Hiri Selasa (10/4/2018).

Dimana sebelumnya, Senin (9/4/2018) KPU Dan Dukcapil juga sudah melakukan perekaman di Kecamatan Moti, dilanjutkan di Papas perempuan Ternate dan dilanjutkan ke Hiri.

Pantauan www.aspirasimalut.com, anggota KPU langsung turun menjemput bola di seluruh kelurahan di Kecamatan Hiri kemudian Capil langsung melakukan perekaman.
Ketau PPK Kecamatan Hiri Irwan menyebutkan, sesuai data yang diferivikasi PPK di enam Kelurahan yang belum melakukan perekaman.

“Diantaranya di keluarah elurahan Mado 24 orang.Kelurahan Toma Jiko 24 orange. Kelurahan Tafraka 45 orange. ,Kelurahan Fahudu 68 orang,Kelurahan Dorari Isa 46 orang.Kelurahan Togolobe 19 orang maka total Keseluruhan berjumlah 227,”jelasnya.

Meski demikian dari siang hingga pukul 16.00.Wit dari jumlah tersebut baru 17 orang melakukan perekaman e-KPT adapun orang yang sakit KPU langsung ke rumah Dan capil melakukan perekaman.

Selain melakukan kegiatan perekaman e-KTP KPU juga melakukan sosialisasi pemelihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Maluku Utara Kelurahan Mado Kecamatan Hiri.

Anggota KPU divisi data dan perencanaan Kuad Suwarno dalam sosialisasi menuturkan, pemilihan gubernur yang akan berlangsung 27 Juni mendatang harus pilih sesuai dengan hati nurani rakyat Tampa paksaan siapapun olehnya itu, lihatlah dan pelajari visi -misi keempat Pasangan Calon gubernur dengan baik barulah menentukan pilihan sesuai hati nurani.

Meski demikian, sambung Kuad, setiap pemilih berhak menentukan hak pilih tidak begitu saja tetapi melalui syarat yang sudah ditetapkan undang-undang salah satunya harus dibuktikan dengan adanya e-KTP.

Dalam sosialisasi itu, KPU juga memperkenalkan empat Pasangan Calon mulai dari nomor urut 1 sampai 4 serta visi-misi ke empat Pasangan calon gubernur Malut diketahui sosialisasi yang dipusatkan di kantor Lurah Mado dengan melibatkan dua kelurahan yakni kelurahan Mado dan Togolobe, sosilisasi akan berlanjut hingga semua kelurahan yang ada di Hiri bersamaan dengan perekaman.

Kuad mengatakan, upaya sudah dilakukan namun terkadang memang karakteristik masayarakat seperti itu yang terjadi di Moti sampai dijemput untuk perekaman masyarakat tidak mau melakukan perekaman,meski begitu tetap diupayakan sekalipun itu human tugas KPU. “Dia berharap agar masyarakat aktif melakukan perekaman karena itu kepentingan masyarakat itu sendiri dalam rangka tertib administrasi”pintahnya.

Dari amatan Koran ini dalam sosialisasi ternyata masyarakat serta pemilih pemula banyan tidak mengenal Pasangan calon gubernur mulai dari nomor 1, 2, 3 dan 4, hal ini terlihat pada Saat sosialisasi dimana ketika ditanya mama lengkap dari pasangan calon gubernur Malut mereka tidak mengetahuI nama dari keempat Pasangan calon padahal dari rata-rata Pasangan calon adalah mantan kepala daerah bahkan yang masih aktif.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA