Ikut Event Maksaira, 3000 Pemancing Siap Pecahkan Rekor MURI

TERNATE, AM.comEvent Festival Maksaira 2018 akan berlangsung di Pantai Wai Ipa hingga pantai Desa Bajo, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, pada Minggu (15/4/2018) pekan ini. Selain akan dilaksanakan mancing ikan kerapu, dalam event ini juga akan diperkenalkan berbagai masakan kuloner, budaya, tempat wisata maupun kekayaan laut.

“Tahun ini sudah ketiga kalinya terselenggara Festival Maksaira dan kita akan catatkan Rekor MURI melibatkan sekitar 3.000 orang yang akan memancing ikan kerapu,”ujar Kabag Humas dan Protokoler Setda kabupaten Kepulauan Sula, Basaludin Labesi kepada www.aspirasimalut.com, Selasa (10/4/2018).

Pada tahun ini, kata Dia, pelaksanaan festival Maksaira akan berbeda dengan tahun sebelumnya, karena juga akan diisi dengan acara bakar ikan sepanjang 15 kilo meter dan sudah tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Menurut Dia, meski banyak tempat pariwisata dan destinasi wisata laut yang dimiliki kabupaten Kepualuan Sula, namun masih masih minim wisatawan yang datang karena belum terpublis keluar. Sehingga itu, dengan event festival Maksaira akan memperkenalkan Kepulauan Sula ke seluruh Indonesia maupun Dunia, karema mancing merupakan budan dan kearifan lokal. “Wisatawan yang datang ke Kepulauan Sula masih sangat minim. Olehnya itu, kiranya dengan festival dapat menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Sula,”ujarnya.

Disebutkan, destinasi wisata pantai maupun wisata laut yang terus dikembangkan saat ini, seperti Pantai Baleha, Pantai Fatkauyon, Pantai Desa Waisum, Pantai Wai Ipa, Pantai Mangoli, dan Pantai Teluk Harimau. “Tempat wisata kita banyak, seperti Telaga Kabau, Pulau Kucing, Air Terjun Wailau, Air Terjun Waitina, Selat Capalulu, dan Pulau Pagama,”jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjutya, para wisatawan juga bisa menikmati wisata sejarah dengan berkunjung ke benteng peninggalan Portugis (De Verwachting Alting), Air Santosa, Batu Gadis (Fatfina Koa), situs makam Imam Jawa, dan Tanjung Mata Aya Bo Fat Tina.

“Pastinya, jika rekor MURI dapat dipecahkan tahun ini, pasti tahun depan kita akan buat yang lebih baik,”imbuhnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA