Peduli Pendidikan, Komisi X DPR-RI Serahkan Beasiswa PIP di SMAN 4 Ternate

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.comAnggota Komisi X DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Maluku Utara, Irine Yusiana Roba Putri, menyerahkan beasiswa PIP (Program Indonesia Pintar) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Sekolah SMA Negeri 4 Kota Ternate pada Jumat (06/04/2018).

Dalam acara tersebut dihadiri para siswa sekaligus orang tua wali murid, dan juga disaksikan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, serta guru SMA Negeri 4 kota Ternate.

Penyerahan bantuan itu dilakukan secara simbolis oleh Irine Yusiana Roba Putri kepada dua orang perwakilan siswa didampingi orang tua wali murid.
Kepala SMA Negeri 4 Kota Ternate Kandacong dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Irine Yusiana Roba Putri yang masih sempat meluangkan waktunya untuk mengantar bahkan menyerahkan beasiswa PIP secara langsung di tengah-tengah padatnya agenda kerja anggota DPR RI.

“Kami sangat berterima kasih kepada ibu Irine Yusiana Roba, walaupun dengan banyak  kesibukan, namun masih memberikan ruang waktunya, menyerahkan beasiswa PIP di sejumlah sekolah yang ada di Maluku Utara,  sebelumnya SMAN 4 hanya mendapatkan 20 PIP,  dengan bantuan keterwakilan Ibu Irine di Jakarta, tahun ini sekolah mendapatkan 843 siswa,”kata Kandacong.

Sementara Irine Yusiana Roba mengatakan, tujuan penyerahan beasiswa PIP guna menghilangkan hambatan anak  secara ekonomi untuk berpartisipasi di sekolah sehingga mereka memperoleh akses pelayanan pendidikan yang lebih baik ditingkat dasar dan menengah. Serta mencegah anak mengalami putus sekolah akibat kesulitan ekonomi.

“Program ini mendorong anak yang putus sekolah agar kembali bersekolah, dan mendukung penuntasan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun,”ungkapnya.

Irine menambahkan, ada beberapa hal yang penting, yang pertama bahwa beasiswa PIP melalui Kementerian Pendidikan merupakan program baik dari pemerintahan Presiden Jokowi dengan maksud membantu meningkatkan kualitas pendidikan demi kemajuan daerah dan bangsa Indonesia.

“Beberapa bulan lalu kami sudah turun dan menyerahkan beasiswa PIP ke sejumlah sekolah di Muluku Utara, yakni di kota Ternate, kabupaten Halmahera Barat, maupun di Kabupaten Halmahera Utara, mulai dari SD, SMP, dan SMA/SMK,  kali ini giliran sekolah SMA Negeri 4 Kota Ternate dengan kuota penerima beasiswa PIP sebanyak 843 siswa,”tuturnya.

Putri mantan Bupati Halmahera Barat, Ir. Namto H. Roba, ini juga menuturkan bahwa dirinya hadir di Provinsi Maluku Utara guna bersilaturahim sekaligus mengantar dan menyerahkan langsung Rp 8 miliar untuk Maluku Utara dalam rangka mewujudkan program beasiswa yang akan diserahkan kepada kurang lebih 20.000 siswa/i yang tersebar di sepuluh kabupaten/ kota di provinsi Maluku Utara. “Program ini kami sudah jalankan tiga tahun,”katanya.

Pantauan www.aspirasimalut.com dipenghujung acara, orang tua dan siswa memberikan testimoni. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama orang tua siswa dan kepala sekolah dan jajaran guru.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA