Infografis : Potensi Perkebunan Kelapa Kabupaten Kepulauan Sula

JAKARTA, AM.comBupati Kabupaten Kepulauan Sula, Hendrata Thes, tanaman kelapa (Cocos nucifera L) merupakan salah satu komoditas strategis yang berperan dalam kehidupan masyarakat, karena bagian tanaman kelapa dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, sosial dan budidaya. Luas tanaman kelapa di Indonesia pada tahun 2016 sekitar 3,6 juta hektar dengan produksi 3,2 juta setara kopra, dimana lebih dari 98% diusahakan oleh perkebunan rakyat yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

kata Hendrata menurutnya, sebagai salah satu daerah yang memiliki luasan lahan pertanian provinsi Maluku Utara merupakan salah satu daerah penyebaran kelapa yang cukup luas di Indonesia. “Luas areal tanaman kelapa di Provinsi Maluku Utara sekitar 227.574 hektar dengan produksi kopra 260.697 Ton pada tahun 2012,”ujarnya sembari menyebutkan data (Regional investmen.bkpm.go.id, tahun 2015).
Penyebaran terluas tanaman kelapa di Propinsi Maluku Utara, kata Bupati, hanya terkonsentrasi pada 4 (empat) kabupaten dengan luas pertanaman kelapa rata-rata diatas tiga puluh ribu hektar. “Kabupaten Kepulauan Sula dengan luasan 30.596 ha,”jelasnya.

Infografis Potensi Perkebunan Kelapa Kabupaten Kepulauan Sula

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA