Tak Kunjung Cair Dana BOS, SMKN 1 Ternate Pinjam Uang Laksanakan UKK

Reporter : Dirman Umanailo

 

TERNATE, AM.comSejak diambil alih pemerintah provinsi Maluku Utara, SMA/SMK pada tahun 2017 lalu, banyak sekolah puasa anggaran khususnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Parahnya lagi, saat musim ujian seperti saat ini. Imbasnya, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 kota Ternate terpaksa meminjam uang untuk melaksanakan Ujian Kompotensi Kejuruan (UKK) sebanyak 257 siswa.

Sebanyak 257 siswa tersebut terbagi dalam 5 (lima) jjurusan yaitu akuntansi, pemasaran, administrasi perkantoran, multimedia, dan usaha perjalanan wisata.

Sementara penguji perserta UKK ini, menggunakan tenaga penguji dari dosen ekonomi Unkhair Ternate, Perusahaan TV Swasta, Perpustakaan Daerah, Dosen ITE UMMU dan Muktymart Jatiland Mall Ternate.

“UKK ini ada dua nilai yaitu teori kejuruan dan praktek kejuruan untuk persyaratan kelulusan siswa. Karena ujian ini masuk dalam ujian nasional,”ungkap Kepsek SMKN 1 Kota Ternate, Bahrudin kepada reporter www.aspirasimalut.com, Kamis (15/3/2018).

Bahrudin, mengatakan pelaksanaan UKK pasti saja membutuhkan anggaran yang cukup banyak akan tetapi pelaksanaan UKK ini anggarannya didapat dari pinjaman, karena bantuan dari pemerintah provinsi belum ada sampai saat ini. Dana yang di dapatkan untuk menjalankan UKK ini.

Dikatakan, dana itu dipinjam dari Koperasi Sekolah dan Komite Sekolah, dan komite sekolah sendiri mengaku untuk membantu sekolah melalui pengajuan proposal. “Tapi saya tidak tahu kesediaan dananya dari mana, tapi saya berterima kasih atas bantuan pinjaman itu pelaksanaan UKK ini bisa jalan. karna Dana Bos Sekolah belum ada selama 1 Triulan,”ujarnya.

Kata Dia, dana BOS yang di tunggu-tunggu dari bulan Januari hingga Maret ini tak kunjung ada kejelasan dana tersebut sedangkan dana itu untuk mempermudah pelaksanaan UKK. “Cuman saja saya tidak menunggu anggaran itu, kalau saya menunggu anggaran itu berarti kegiatan ini tidak bisa berjalan karena UKK ini bentuk dari Ujian Nasional,”imbuhnya.

“Kami hanya bisa berharap, secepatnya dana BOS dicairkan agar kami bisa menutup utang yang selama ini kita pinjam untuk kebutuhan sekolah,”pintanya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA