Besok, Tongole Punya Pemerintahan Kelurahan Sendiri

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.comPenantian warga lingkungan Tongole kelurahan Marikurubu, kecamatan Ternate Tengah kian dekat akan terjawab. Pasalnya, Senin (5/3/201) besok, Tongole akan memiliki pemerintahan sendiri setelah Pemerintah Kota Ternate melalui pembahasan tahap satu akhir antara Pemerintah Kota dan DPRD telah menyepakti pembentukan kelurahan Tangole, pada Jumat (2/3/2018) lalu.

Anggota Komisi I DPRD Kota Ternate, Yamin Rusli saat dikonfirmasi reporter www.asporasimalut.com, Minggu (4/3/2018) menuturkan, pemekaran lingkungan Tomgole menjadi kelurahan sudah selesai dilakukan pembahsan dan telah memenuhi syarat untuk dimekarkan.

Disebutkan, rapat tahap satu akhir tentang diferensiasi masalah, terkait dengan pembentukan kelurahan Tongole sudah tidak lagi ada perdebatan lantaran unsur-unsur telah terpenuhi lingkungan Tongole untuk memiliki penerintahan sendiri. Sehingga itu, di sepakati bersama tentang diferensisasi masalah. “Insha Allah hari Sinin (besok) sudah disahkan pembentukan kelurahan Tangole,”terangnya.

Sehingga itu, kata Dia, tahap selanjutnya akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah untuk mendapat nomor registrasi, dan ditindak lanjuti ke Menteri Dalam Negeri (Medagri) untuk mendapatkan kode wilayah. Meski begitu, Kata Dia, pemelaran Tongole ini harus mendapat persetujuan dari pemerintah provinsi. Sebab, yang mengeluarkan nomor register.

Dia menjelaskan, untuk penduduk sebagai prasyarat menjadi kelurahan sudah terpenuhi sebagaimana Permendari pendirian kelurahan minimal jumlah penduduk 900 jiwa. Sementara, lingkungan Tongole sudah mecapai 1000 jiwa lebih, dan jika dihitung berdasarkan jumlah Kepala Keluarga (KK) menimal 250 KK dan Tangole sudah mencapai 300 KK. “Sudah memenuhi kriteria dari jumlah KK, lalu apa lagi yang di masalahkan,”ujarnya.

Menurut Dia, pemekaran kelurahan Tongole ini juga lantaran sudah ada ketersediaan lingkungan kerja dan sarana prasarana, pemerintahan. “Dengan demikian berarti kriteria itu sudah di penuhi pemekaran kelurahan Tongole,” tutupnya.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA