BNNP Maluku Utara Gelar Press Release Rencana Program dan Kegiatan 2018

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.comDalam rangka pelaksanaan aksi 2018, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara melalui bidang pencegahan dan penberdayaan Masyarakat (P2M) dan bidang Pemberantasan serta bidang Rehabilitasi akan lebih fokus pada Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Maraknya peredaran narkoba di Indonesia, maka meningkat pula narkoba yang masuk di Maluku Utara, bahkan Halmahera Selatan menjasi pintu masuk. Oleh karena itu, melalui bidang terkait kami akan fokus penerapan P4GN pada tahun 2018 ini. Karena pencegahan itu lebih penting daripada memberantas seperti pemadan kebakaran,”ungkap Kepala BNNP Maluku Utara, Dr. Benny Gunawaan SH., MH saat press release di SS. Home Restran kelurahan Mangga Dua, kecamatan Ternate Selatan, Sabtu (3/3/2018).

Benny menjelaskan, pelaksanaan program pencegahan penyalagynaan narkoba dilaksanakan oleh seksi pencegahan yang meliputi diseminasi informasi P4GN dengan tatap muka dari sumber anggaran DIPA 2018 serta sosialisasi atau penyuluhan P4GN dalam bentuk kegiatan non DIPA dengan sasaran mulai dari kelompok pelajar, mahasiswa, pekerja instansi pemerintah atau swasta maupun kelompok keluarga.

“Itu sasaran kami, nanti juga sosialisasi P4GN ini juga melalui penyebaran media komunikasi informasi dan edukasi (KIE P4GN) di media cetak, televisi dan online,”terangnya.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan pada tahun 2018 ini, program pemberdayaan masyarakat juga akan dilaksanakan pengembangan kapasitas P4GN di instansi pemerintah, swasta dan pendidikan. Selain itu, kata Dia, pengembangan kapasitas P4GN dilaksanakan di lingkungan masyarakat, pelatihan penggiat anti narkoba, layanan deteksi dini penyalahgunaan narkoba di instansi pemerintah dan larihan life skill masyarakat rawan penyalahgunaan narkoba.

“Untuk di bidang pendidikan, dukungab pemerintah provinsi Maluku Utara telah mengeluarjan peraturan gubernur nomor 18 tahun 2017 dan Perda kota Terbate nomor 11 tahun 2017 tentang P4GN di bidang pendidikan. Kami juga telah menandatangani MoU bersama bupati/wali kota minus kabupaten Pulau Taliabu terkait dengan materi P4GN masuk dalam kurikulum secara terintegrasi dan berjalan secara efektif di tahun 2018,”tukasnya.

Selain itu juga, kata Benny bahwa BNNP Maluku Utara juga telah membentuk tim Cegah, Buru dan Rehab (CBR). “Tim ini dibentuk untuk melakukan kegiatan P4GN dilingkungan sekolah. Kenapa demikian, karena saat ini lagi marak peredaran lem dsn bahan adiktif lainnya seperti rokok, dan vape sehingga itu kami berkomitmen melakukan ini di pendidikan agar dapat diciptakan lingkungan sekolah bersih dari Narkoba,”pungkas Benny.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA