spot_imgspot_img

Distan Kepsul Target 2019 Kelapa Dalam Sebagai Varitas Unggul

Reporter : Ajhy

SANANA, AM.comPemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, melalui Dinas Pertanian (Distan) menargetkan pada tahun 2019 mendatang, menjadikan hasil pertanian Kelapa Dalam sebagai varitas unggul.

“Pembibitan kelapa dalam ini terus kita tingkatkan, seperti yang kita lakukan bersama Dandim Letkol. Joni Widodo, pada Sabtu akhir pekan lalu, kita monitoring pelaksanaan kegiatan pembibitan Kelapa Dalam di desa Waitulia kecamtan Mongoli Selatan merupakan kegiatan replanting kelapa dalam yang bersumber dari APBNP tahun anggara 2017 sebanyak 65.000 benih,”ungkap Kadistan kabupaten Kepulauan Sula, Idris Ahmad Baguna, kepada reporter www.aspirasimalut.com, Selasa (27/2/2018).

Dijelaskan, replanting atau peremanjaan Kelapa Dalam merupakan kegiatan penanaman Kelapa Dalam pada areal tanaman kelapa yang berusia diatas dari 60 tahun atau pohon kelapa yang sudah masuk usia tua dan hasil produksinya sudah menurun.

“Benih pembibitan Kelapa Dalam ini diambil dari hasil Blok Penghasil Tinggi (BPT) dan pilihan Pohon Induk Terpilih (PIT) dibeberapa desa yang ada di Kecamatan Mangoli Tengah dan kecamatan Mangoli Timur,”terangnya.

Idris mengatakan, pembibitan Kelapa Dalam itu, merupakn hasil tindaklanjut dari MoU antara Balitbangtan RI, Balitpalma dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Sula yang kegiatan mulai dilaksanakan pada tahun 2017 lalu. “Saya optimis pada tahun 2019, Kelapa Dalam Sula akan di lepas sebagai varitas unggul karena ini merupakan implementasi Permentan nomor 50 tahun 2015 Tentang Produksi, Sertifikasi, Peredaran dan pengawasan Tanaman Perkebunan,”harapnya.

Selaian Kelapa Dalam, lanjut Idris, pada tahun 2018 ini, Distan kabupaten Kepulauan Sula juga akan memulai kegiatan Blok Penghasil Tinggi (BPT) dan pemilihan Pohon Induk Terpilih (PIT) Jambu Mete. “Semua sudah siap, dan tinggal dilaksanakan saja,”pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL