Dikbud Kota Ternate Bakal Wisudakan 3000 Siswa

Repoter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.comDinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kota Ternate tengah mempersiapkan wisuda Baca Tulis Alquran (BTA) yang akan direncanakan pada tanggal 27 Maret 2018 mendatang. Persiapan wisudawan BTA sebanyak 3000 siswa ini setelah Surat Keputusan (SK) pembentukan panitia dan peserta wisuda BTA se-Kota Ternate.

Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Kota Ternate, Ibrahim Muhammad saat dikonfirnasi reporter www.aapirasimalut.com, Selasa (27/2/2018) menuturkan, sebelum dibentuknya panitia tersebut, pihaknya telah menurunkan tim untuk dilakukannya verifikasi calon wisudawan. Sebab dirinya menilai, wisuda kali ini dibuat sedikit berbeda, yakni dibagi dalam beberapa kelompok.

Selain itu, Kata Dia, wisuda BTA kali ini diikuti juga dengan penghafal Alquran 1 (satu) Jus atau hafidz, maka dia juga akan diwisudakan. “Jadi kali ini yang dapat menghafal Alquran 1 (satu) jus juga akan diwisudakan, serta yang dapat menghafal dari surat wa-duhha sampai surat an-nas atau setengah jus itu juga akan diwisudakan. Jadi sementara dalam tahapan verifikasi dilapangan, sehingga mereka diharapkan memaksimalkan kesempatan ini,”terangnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan kegiatan, direncanakan pada tanggal 27 Maret mendatang, sehingga diharapkan dapat juga dihadiri Kementerian Agama. “Setelah saya berkoordinasi dengan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama, maka untuk kedatangan Kemeterian Agama dijadwalkan pada bulan Maret, sehingga kegiatannya akan dilaksanakan pada tanggal 27 Maret mendatang,”ungkap Ibrahim.

Bahkan saat ini, Ia melanjutkan, dari Kementerian Agama telah mengirim roundaown atau jadwal kedatangannya selama di Ternate, sehingga pihaknya akan merencanakan agar Kementerian Agama juga dapat menghadiri acara tersebut. “Kami mengupayakan agar Bapak Menteri juga turut hadir dalam acara tersebut,”pintanya.

Dijelaskan, untuk banyak siswa yang diwisudakan nanti, akan dihitung berdasarkan standar Sekolah Dasar (SD) kelas enam sebanyak 3000 lebih, dan rencanakan untuk pakaian yang diwisudakan juga tidak akan seragam. “Untuk BTA atau yang menghafal satu jus sebanyak 300 siswa, sedangkan sisanya adalah siswa yang baru menghafal setengah jus dan lainnya,”jelasya.

“Karena tujuan dari wisuda adalah memberikan makna apresiasi terhadap para siswa dalam Taman Baca Alquran atau telah adapat BTA. Sehingga semangat itu terus diasah dan dijadikan teladan bagi siswa lain. Ini juga merupakan kebanggan bagi dunia pendidikan,”sambungya mengakhiri.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA